Petani Karet di Muara Enim Sumsel Tewas Ditembak di Leher

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 13:09 WIB
pembunuhan
Foto: Ilustrasi pembunuhan (Edi Wahyono)
Palembang -

Pembunuhan terjadi di Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel). Seorang petani karet, Heru Setiyawan (35), tewas usai lehernya ditembak menggunakan senapan angin.

Pembunuhan terjadi pada Minggu (18/10/2020) pukul 07.15 WIB di Lembak, Muara Enim. Pelaku diketahui bernama Diki Destian (30).

"Pagi itu ada warga hendak pergi ke kebun melihat korban tergeletak. Kondisinya pun sudah bersimbah darah," kata Kapolsek Lembak, Iptu Desi Ashari kepada detikcom, Senin (19/10/2020).

Melihat korban tewas, warga itu kemudian menghubungi Polsek Lembak. Namun sayang, korban ternyata sudah tewas di lokasi dan terdapat luka di leher.

"Ada luka tembak di leher korban. Setelah kita cek lokasi, diketahui identitas diduga pelaku bernama DD," ungkap Desi.

Bersama Kanit Reskrim, Aipda Sarmiyadi, Desi melakukan pencarian terhadap pelaku. Informasi yang diterima, pelaku masih ada di rumahnya.

Polisi pun langsung melakukan penangkapan. Kepada polisi, pelaku mengakui aksi nekat menembak temannya, karena korban tidak pernah meladeni saat ditantang berkelahi oleh pelaku.

"Motif sakit hati, sehari sebelum kejadian korban dan pelaku sudah terlibat cekcok. Korban sering ditantang berkelahi, tetapi tidak diladeni," terang Desi.

Tepat kemarin pagi, pelaku datang ke kebun dan bertemu korban. Keduanya kembali terlibat keributan hingga akhirnya korban ditembak dengan senapan angin di bagian leher oleh pelaku.

"Pelaku mengaku semua perbuatannya. Dia terancam Pasal 338 dan 340 KUHP terkait pembunuhan berencana. Barang bukti ada senapan angin," papar Desi.

(ras/zak)