Nelayan Lapor Lihat Kapal Isi Imigran Rohingya Mengarah ke Aceh

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 19 Okt 2020 11:07 WIB
Sejumlah anak-anak pengungsi etnis Rohingya berteriak lepas saat dalam kegiatan terapi trauma healing di tempat penampungan bekas gedung imigrasi, Punteuet, Lhokkseumawe, Aceh, Rabu (1/7/2020). Berbagai kegiatan bersifat mendidik dan menghibur dilakukan para relawan untuk memulihkan kondisi psikologis dan menghilangkan trauma anak-anak Rohingya setelah terobang-ambing di lautan hingga terdampar ke Aceh. ANTARA FOTO/Rahmad/aww.
Ilustrasi imigran Rohingya (Foto: ANTARA FOTO/RAHMAD)
Lhokseumawe -

Nelayan Aceh disebut melihat kapal yang diduga membawa ratusan imigran Rohingya. Kapal tersebut disebut berlayar mengarah ke wilayah Lhokseumawe, Aceh.

"Ada info begitu. Mereka para pengungsi tersebut terlihat sama nelayan kita," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek, kepada wartawan, Senin (19/10/2020).

Nelayan disebut melihat imigran di jarak sekitar 80-100 mil laut dari pantai Lhokseumawe. Mereka disebut sudah beberapa hari terpantau berlayar.

Miftach menduga tujuan utama imigran Rohingya itu adalah ke Malaysia. Namun, mereka diduga ditolak Malaysia.

"Geografis dan arus yang membuat mereka lebih mudah sampai di Lhokseumawe. Maka Kerajaan Pase adalah yang sangat strategis untuk pelayaran," ujar Miftach.

Sebelumnya, dua gelombang imigran Rohingya mendarat di Lhokseumawe dan Aceh Utara pada waktu berbeda. Pertama 94 imigran diselamatkan nelayan Aceh Utara, pada Rabu (24/6) lalu. Mereka kemudian dibawa ke lokasi penampungan.

Imigran gelombang kedua berjumlah 297 tiba di Lhokseumawe, Aceh, Senin (7/9) lalu. Ratusan 'manusia perahu' ini merapat ke bibir pantai dengan kapal jenis GT TRN.U 11/00.

(agse/haf)