Video Cabup Barru Suardi Saleh Joget Tidak Pakai Masker Viral

Hasrul Nawir - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 20:01 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi virus Corona (Edi Wahyono)
Barru -

Video calon Bupati (Cabup) Barru, Suardi Saleh berjoget di tengah pesta viral di media sosial. Dalam video viral tersebut, Suardi tampak mengabaikan protokol kesehatan COVID-19.

Seperti dilihat detikcom, Minggu (18/10/2020), video tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Kama Udin di grup Pilkada Barru 2020 pada 15 Okteber lalu. Videonya berdurasi 30 detik.

Dalam video tersebut, Suardi nampak dikerumuni ibu-ibu. Cabup Barru nomor urut 2 itu terlihat tidak memakai masker dan tak berjaga jarak.

Cabup Barru, Suardi Saleh berjoget di tengah pesta tanpa mengenakan masker.Foto: Cabup Barru, Suardi Saleh (kemeja putih) berjoget di tengah pesta tanpa mengenakan masker. (Screenshot video)

Video viral ini sudah diketahui oleh Bawaslu Kabupaten Baruu. Ketua Bawaslu Barru Nurhalim mengaku telah melaporkan kejadian sebagaimana dalam video viral itu ke Gugu Tugas Penanganan COVID-19.

"Bukan ranah kami di situ, karena bukan waktu kampanyenya. Itu ranah dari Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 dan Satpol PP. Saya sudah sampaikan ke Tim Gugus untuk melakukan teguran," kata Nurhalim saat dihubungi detikcom, Minggu (18/10/2020).

Nurhalim mengaku tidak bisa langsung menindaklanjuti dugaan pelanggaran kampanye dalam video Suardi itu. Menurutnya, Bawaslu Barru bisa bertindak jika ada pihak yang melapor.

"Saya memang sudah lihat videonya. Namun saya tidak tahu yang mana orangnya. Harus ada yang melapor dulu, baru kami bisa melakukan klarifikasi," tutupnya.

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) secara resmi menetapkan 3 pasangan calon bupati-wakil bupati Barru yang akan bertarung di Pilkada 2020. Penetapan dilakukan melalui rapat pleno tertutup.

"Tiga Paslon yang telah mendaftar dinyatakan memenuhi syarat sebagai peserta Pilkada 2020," ujar Ketua KPU Barru Syafruddin Ukkas saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (23/9).

3 Pasangan calon yang dinyatakan lolos tersebut ialah pasangan Suardi Saleh-Aska Mappe, Malkan Amin-Salahuddin Rum, dan Mudassir Hasri Gani-Aksah Kasim.

Tonton juga 'Emak-emak di Sulsel Party Berjoget di Hotel Saat Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]

(zak/zak)