Polisi Dapat Info Napi Cai Changpan yang Bunuh Diri Pelajari Bela Diri

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 13:31 WIB
Tampang Cai Changpan saat masuk lapas.
Cai Changpan (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Narapidana kabur, Cai Changpan, ditemukan tewas gantung diri di Bogor. Polisi mengatakan pihaknya mendapat informasi Cai Changpan tewas karena mempelajari ilmu bela diri.

"Gini, dia (Cai Changpan) tuh mempelajari ilmu bela diri katanya. Orang-orang situ bilang, (warga) Tenjo. Tapi itu bukan pendapat saya, ya. Tapi masyarakat lah, masyarakat bilang. Iya, dia punya ilmu bela diri, lah. Ilmu bela diri kan, mungkin dia ada kepercayaan-kepercayaan apa, itu analisa aja. Iya dugaan sementara," ujar Kasat Narkoba Polres Metro Tangerang AKP Pratomo Widodo, saat dihubungi, Minggu (18/10/2020).

Namun Pratomo tidak mengingat ilmu bela diri apa yang dipelajari narapidana ini. Dari kepercayaan di dalam ilmu bela diri yang dianut Cai Changpan, Pratomo mengatakan narapidana ini bunuh diri karena sedang berjuang.

"Bukan lebih memilih (bunuh diri ketimbang ditangkap petugas). Jadi ada kepercayaan kalau mempelajari bela diri itu, itu kan dia masih dalam posisi berjuang, gitu lho. Perjuangan dia, bukan menyerah, gitu lho," jelas dia.

"Ya kan (Cai Changpan) bunuh diri kan seolah-olah masih berjuang, gitu lho. Bukan memilih bunuh diri, tapi dalam posisi dia terus berjuang. Dia bunuh diri dalam posisi perjuangan dia, gitu," ungkapnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya memastikan jasad pria yang tewas gantung diri di Jasinga, Kabupaten Bogor, adalah napi kabur Cai Changpan. Chai Changpan teridentifikasi dari ciri fisiknya.

"Ditemukan ada jenazah yang dalam kondisi tergantung dan diidentifikasi memang betul adalah Cai Changpan alias Antoni," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi wartawan, Sabtu (17/10).

Yusri mengatakan pihaknya mengenali jasad pria tewas itu Cai Changpan dari bentuk fisiknya. Meski begitu, polisi mengirim jenazah tersebut ke RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk dilakukan autopsi. Autopsi juga dilakukan untuk mengetahui kepastian penyebab kematian Cai Changpan.

Tonton juga 'Detik-detik Ditemukannya Napi Cai Changpan di Hutan Tenjo Bogor':

[Gambas:Video 20detik]

(zap/gbr)