DKI PSBB Transisi Jilid II, Warga Ramai Berolahraga di Sudirman

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 07:34 WIB
Warga berolahraga di kawasan Sudirman (Tiara/detikcom)
Foto: Warga berolahraga di kawasan Sudirman (Tiara/detikcom)
Jakarta -

DKI Jakarta kembali menerapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi hingga 25 Oktober 2020. Disisi lain, kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, pagi ini ramai dikunjungi warga untuk berolahraga.

Pantauan detikcom di sekitar kawasan fX Sudirman, Minggu (17/10/2020), sekitar pukul 07.00 WIB, mayoritas warga datang memadati kawasan ini untuk berolahraga. Mereka datang bersama keluarga hingga kerabat. Terlihat masih ada warga yang membawa anak di bawah 9 tahun.

Beragam aktivitas olahraga dilakukan oleh warga. Sejumlah warga terlihat mengayuh sepedanya di jalan raya maupun di atas trotoar.

Warga lainnya memilih untuk berlari dan berjalan santai di sepanjang trotoar Sudirman. Sehingga, kerap terjadi penumpukan antar warga berolahraga di atas trotoar.

Petugas menyediakan jalur bagi pesepeda di jalan aspal. Jalur ini pun dibatasi oleh barier oranye yang memisahkan antara kendaraan bermotor dan pesepeda.

Jika sudah penat, warga mulai beristirahat sejenak di atas trotoar. Selama beristirahat, mereka kerap berbincang hingga berswafoto.

Warga berolahraga di kawasan Sudirman (Tiara/detikcom)Foto: Warga berolahraga di kawasan Sudirman (Tiara/detikcom)

Saat beristirahat inilah mereka kerap berkerumun. Warga pun mulai menurunkan masker ke bawah dagu.

Disisi lain, petugas gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satpol PP DKI Jakarta berjaga dan mengawasi aktivitas warga. Mereka bersiaga di sekitar jalan raya untuk mengarahkan pesepeda melaju di lajur sebelah kiri, sedangkan kendaraan bermotor di sebelah kanan.

Petugas lainnya memantau di sekitar trotoar sambil membawa sejumlah atribut. Seperti misalnya, papan bertuliskan sosialisasi 3M, yakni menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk kembali memberlakukan PSBB Transisi. Aturan tentang PSBB masa transisi inipun tertuang pada Pergub nomor 101 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Aturan ini mulai berlaku sejak 12 sampai 25 Oktober 2020.

Tonton juga 'Mau Olahraga di GBK? Simak Aturannya Dulu di Sini':

[Gambas:Video 20detik]

(isa/isa)