Round-Up

Menunggu Hasil Investigasi TGPF Intan Jaya soal Penembakan Pendeta

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Okt 2020 06:56 WIB
TGPF Intan Jaya melanjutkan investigasi dengan menggunakan rompi anti peluru
TGPF Intan Jaya (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang dibentuk Menko Polhukam Mahfud Md akhirnya menyelesaikan tugas untuk menginvestigasi penembakan Pendeta Yeremia Zanambani di Papua. Kini, hasil investigasi TGPF tengah menunggu pengumuman Mahfud Md.

"Tim TGPF ini selesai tepat pada waktunya, yang semula dalam 14 hari, kemudian diperpanjang 3 hari, dan pada tanggal 17 Oktober ini sesuai tenggang waktu yang sudah selesai. Adapun hasilnya ini nanti kami akan menyerahkan kepada Bapak Menko, dan Bapak Menko sendiri pada hari Senin, yaitu hari kerja, akan disampaikan. Untuk waktunya akan diinformasikan lebih lanjut," kata Sesmenko Polhukam Letjen TNI Tri Soewandono dalam konferensi pers virtual, Sabtu (17/10/2020).

Ketua TGPF Intan Jaya Benny Mamoto menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada timnya. Benny mengatakan TGPF telah dibentuk dengan representasi dari akademisi, TNI-Polri, hingga tokoh agama dan masyarakat.

"Kita semua tahu situasi medan di Papua, kita semua tahu tentang situasi di Papua. Tapi ternyata Bapak Menko telah menyusun tim dari representasi akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, kepolisian, TNI, kejaksaan, kemudian dari Polhukam sendiri. Ternyata komitmen yang tergabung dalam tim ini yang begitu tinggi solid dan penuh semangat itulah yang membuat 14 hari bisa dengan padat," katanya.

"Kita lakukan berbagai kegiatan dalam rangka mencapai target bagaimana mengumpulkan informasi lapangan, bagaimana cross-check informasi, bagaimana kita beraudiensi dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk membuat terang peristiwa ini," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2