Menhub Harap Kepala Daerah Pakai Sepeda untuk Transportasi

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 17 Okt 2020 13:40 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Bersepeda
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersepeda. (Foto: dok.Istimewa)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta kepala daerah menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Tujuannya untuk mendorong masifnya penggunaan sepeda di masyarakat.

"Saya juga berharap para pemangku kepentingan juga memberikan suatu dorongan supaya penggunaan sepeda ini digiatkan. Gubernur, wali kota, bupati, kita gunakan sepeda ini untuk antarmoda dari rumah ke kereta api, dari rumah ke MRT, itu gunakan sebagai sarana antarmoda," kata Budi dalam acara pekan sepeda nasional yang disiarkan YouTube Kemenhub, Sabtu (17/10/2020).

Selain sebagai antarmoda transportasi, Budi juga melihat sepeda sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan. Selain untuk kesehatan, bersepeda, menurutnya, juga sebagai salah satu gaya hidup kekinian.

"Apa yang kita lakukan itu untuk kesehatan kita semua. Satu yang luar biasa, gaya, lifestyle, trending, tetapi sehat untuk masyarakat," ujarnya.

Budi juga ingin agar sepeda produk dalam negeri dapat ditampilkan dalam acara pameran pekan sepeda nasional 2020. Menurut Budi, ditampilkannya sepeda lokal dapat membuka peluang kesempatan kerja bagi masyarakat.

"Rekan-rekan sekalian, rekan-rekan yang tangguh, biasanya ini naik sepeda jauh sekali, saya kasih jempol. Oleh karenanya, nanti kami juga mengajak bahwa kita juga ada kegiatan pameran sepeda di sini dan saya mengharapkan kalau bisa sepeda dalam negeri," katanya.

"Karena kalau itu produk dalam negeri, pasti memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat seluruh Indonesia dan ada kebanggaan. Dan produk-produk yang diperlukan Pak Budi Setiadi (Dirjen Hubungan Darat) tadi bagus bagus," lanjutnya.

(aik/aik)