Ruangguru Gelar Acara Cerdas Cermat Online Terbesar di Indonesia

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Jumat, 16 Okt 2020 22:44 WIB
ruangguru
Foto: ruangguru
Jakarta -

Ruangguru akan segera menggelar acara cerdas cermat online terbesar di Indonesia yang diberi nama 'Ruangguru Champion 2020'. Acara ini pun ditayangkan melalui salah satu stasiun televisi swasta mulai hari Minggu 18 Oktober 2020 hingga Minggu 6 Desember 2020.

Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara mengatakan Ruangguru Champion 2020 sepenuhnya dilaksanakan secara daring (online) akibat pandemi COVID-19. Acara ini dihadirkan dengan harapan dapat menginspirasi siswa di seluruh Indonesia untuk terus semangat belajar di tengah pandemi.

"Di tengah pandemi ini, Ruangguru Champion 2020 menghadirkan kegiatan positif serta kesempatan kepada pelajar untuk mengaktualisasikan diri, berkompetisi secara sehat, dan mengukur potensi. Dalam pertandingan, para siswa menunjukkan komitmen untuk menjadi siswa terbaik yang mereka bisa, dan itu sangat menginspirasi. Kami harap tayangan Ruangguru Champion 2020 di televisi dapat menjadi sumber penyemangat bagi lebih banyak lagi pelajar di seluruh Indonesia untuk terus belajar dan berjuang menghadapi pandemi demi meraih cita-cita," ujar Belva Devara, dalam keterangan tertulis, Jumat (16/10/2020).

Belva mengungkapkan ada total 6.700 peserta dari 1.300 sekolah di seluruh Indonesia yang meliputi sekolah unggulan bangsa seperti SMAN Unggulan MH Thamrin Jakarta, SMAN 3 Yogyakarta, SMPN 1 Surabaya dan SMP Ignatius Global School Palembang. Sebanyak total 28 siswa tingkat SMP dan SMA akan melaju bertanding ke babak Semifinal National Round dan Grand Final National Round untuk menjadi pemenang dan meraih total hadiah lebih dari Rp250.000.000.

"Selama acara ditayangkan di televisi, penonton juga dapat mendukung sekolah mereka untuk mendapatkan predikat Sekolah Favorit, dengan cara voting finalis dari perwakilan sekolah tersebut sebanyak-banyaknya melalui aplikasi Ruangguru. Juara Sekolah Favorit akan mendapatkan hadiah Rp 5.000.000. Materi yang diujikan pada Ruangguru Champion 2020 untuk kategori SMP dan SMA terdiri dari sejumlah mata pelajaran sekolah seperti Matematika, Geografi, Pengetahuan Umum, Biologi, Bahasa Indonesia, Ekonomi, dan lain-lain," pungkas Delva.

Sementara itu, Peserta Ruangguru Champion 2020 tahap National Round dari SMA AL-Irsyad Pekalongan, Uki mengaku telah mempersiapkan diri untuk mengikuti acara tersebut. "Dalam mengikuti Ruangguru Champion ini, aku mempersiapkan diri dengan banyak belajar dari aplikasi Ruangguru. Aku suka memperdalam materi dan mengasah keterampilan dengan mengerjakan soal. Harapan aku mengikuti Ruangguru Champion, yaitu agar dapat menjadi juara dan membuat bangga orang-orang di sekitarku," ujar Uki.

Sebagai informasi, Ruangguru Champion 2020 adalah kegiatan cerdas cermat persembahan Ruangguru untuk kedua kalinya setelah sukses mengadakan Ruangguru Champion 2019. Tahun lalu, Bernard dari SMA Ignatius Global School Palembang dan Nabiel dari SMPN 115 Jakarta berhasil meraih Juara 1 dan masing-masing mendapatkan hadiah tabungan pendidikan senilai Rp 100.000.000 setelah bertanding melawan 110 siswa dan siswi berprestasi lainnya.

(ega/ega)