Cegah Penularan COVID-19, Pemprov DKI Atur Jarak di Pengungsian Banjir

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Jumat, 16 Okt 2020 22:38 WIB
Ahmad Riza Patria
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ilham/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah wilayah di Jakarta rawan tergenang banjir ketika terjadi hujan deras. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengaku pihaknya telah mengatur pencegahan penularan virus Corona (COVID-19) di pengungsian.

"Ya sudah diatur ya pencegahannya. Terkait COVID, banjir ke depan ini curah hujannya meningkat, debitnya meningkat," ujar Riza di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (16/10/2020).

Riza berujar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta juga sudah mengatur tempat pengungsian. Nantinya, akan ada penambahan kapasitas agar di antara para pengungsi bisa saling menjaga jarak.

"Kemudian terkait pengungsian, dari BPBD sudah mengatur jumlah tempat-tempat pengungsian yang ditambah, supaya jaga jaraknya terjaga, agar jaga jarak terjaga, social distancing bisa kita penuhi," katanya.

"Insyaallah nggak ada masalah mengenai tempat-tempat penampungan, tidak ada masalah," imbuhnya.

Riza mengklaim titik genangan di Ibu Kota berkurang setiap tahun. Dia yakin Pemprov DKI akan mampu mengendalikan banjir.

"Setiap tahun kalau lihat datanya dari tahun ke tahun, dari periode-periode ada peningkatan yang signifikan terkait pengurangan banjir. Memang debit semakin tinggi, tapi progresnya sangat kelihatan, lihat jumlah genangannya berkurang, bisa lihat jumlah yang mengungsi yang berkurang, semua berkurang terus seiring berjalannya waktu," ujar Riza.

Data terbaru, BPBD DKI Jakarta melaporkan banjir di Ibu Kota malam ini sudah mulai surut. Per pukul 21.00 WIB, tersisa sebanyak 7 RT dan 18 ruas jalan yang masih tergenang air.

(man/jbr)