Viral Emak-emak Party di Hotel Saat Pandemi, Satgas Bone: Mereka Khilaf

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 17:43 WIB
Viral emak-emak di Bone Sulsel berjoget saat pandemi (dok. Istimewa).
Viral emak-emak di Bone Sulsel berjoget saat pandemi. (dok. Istimewa)
Bone -

Video yang memperlihatkan sejumlah emak-emak di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), viral di media sosial usai berjoget ria di hotel saat pandemi. Satgas COVID-19 Kabupaten Bone menilai para emak-emak itu khilaf dan meminta masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Manajemen hotel sudah minta maaf dan akan lebih serius menerapkan protokol kesehatan. Mereka juga mengaku telah menyampaikan kepada penyelenggara acara untuk menjalankan protokol kesehatan," kata Jubir Satgas COVID-19 Bone, Yusuf kepada detikcom, Kamis (15/10/2020).

Yusuf mengatakan tidak mengetahui siapa penyelenggara pesta tersebut. Dia menilai di masa pandemi saat ini seharusnya masyarakat tetap berhati-hati mencegah penularan Corona.

"Namanya juga menuju kebiasaan baru tapi mereka khilaf, kalau mereka keluar jalan ya kita kembalikan ke arah semestinya. Masyarakat harus tetap menjalankan aturan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah," ucapnya.

"Sampai saat ini status pandemi belum berakhir. Oleh karena itu, penegakan protokol kesehatan menjadi hal yang wajib dipatuhi oleh semua pihak. Dalam hal ini semua harus bertanggung jawab termasuk pihak yang menyelenggarakan atau tempat penyelenggaraan acara," tegasnya.

Sebelumnya, dalam video yang beredar itu terlihat sebuah pesta dihadiri oleh emak-emak yang sedang asyik berjoget di sebuah pinggiran kolam renang di sebuah hotel, Kabupaten Bone, Sulsel. Dari video itu terdengar entakan musik yang sangat kencang mengiringi pesta.

Tampak emak-emak berjoget diiringi musik sambil berkerumun. Di tengah mereka ada 2 emak-emak yang tengah beradu joget.

"Nah ditantangin, maju," ujar seorang perempuan di tengah emak-emak yang tengah asyik berjoget.

Suasana di dalam pesta itu terlihat sangat meriah, meski tidak terlihat di antara mereka yang menjaga jarak dan mengenakan masker.

Pihak hotel pun saat dikonfirmasi memberikan penjelasan atas kejadian itu. Mereka mengatakan penyelenggara acara telah membuat surat pernyataan wajib mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Kami Legal Konsultan Novena Hotel ingin menjelaskan terkait video yang beredar di masyarakat yang diduga tidak mematuhi protokol kesehatan sebagaimana ketentuan pemerintah. Kami Pihak Novena Hotel, pada dasarnya berkomitmen untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sebagaimana ketentuan pemerintah," kata kuasa hukum Novena Hotel, Ilham, dalam dalam keterangannya.

"Maka setiap tamu yang ingin buat acara atau mengadakan pesta yang menggunakan fasilitas hotel. Kami buat semacam surat pernyataan kepada pihak yang bertanggung jawab atas acara tersebut, bahwa dalam acara yang diselenggarakan tetap wajib mematuhi protokol kesehatan. Pihak Novena pun, dalam jalannya acara selalu mengingatkan kepada tamu-tamu," imbuh dia.

(fiq/idn)