Dituntut 6 Bulan Bui, Vanessa Angel Harap Tak Dipisahkan dari Bayinya

Isal Mawardi - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 17:32 WIB
Vanessa Angel usai menjalani sidang tuntutan kasus kepemilikan 20 pil Xanax
Vanessa Angel usai menjalani sidang tuntutan kasus kepemilikan 20 pil Xanax. (Isal Mawardi/detikcom)
Jakarta -

Vanessa Angel dituntut oleh jaksa penuntut umum 6 bulan penjara terkait kasus kepemilikan pil Xanax. Vanessa berharap ia tak dipisahkan dengan bayinya yang masih berusia 3 bulan.

"Aku cuma bisa berdoa dan berharap aja semoga aku dan anakku nggak dipisahkan karena biar bagaimanapun aku adalah seorang ibu," kata Vanessa ketika wawancara dengan wartawan usai persidangan di PN Jakarta Barat, Jalan Letjen S Parman, Palmerah, Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Setelah perkataan itu, suami Vanessa, Bibi Ardiansyah, menyetop sesi wawancara. Bibi menarik tangan Vanessa dan masuk ke mobil.

Vanessa Angel dituntut jaksa penuntut umum dengan hukuman 6 bulan penjara atas kasus kepemilikan 20 butir pil Xanax. Vanessa juga dihukum membayar denda sebesar Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Salah satu yang menjadi dasar pertimbangan jaksa meringankan tuntutan adalah Vanessa sedang membesarkan bayi yang masih berusia 3 bulan. Pertimbangan jaksa lainnya adalah Vanessa Angel bersikap sopan dan mengakui segala perbuatannya di persidangan.

Sedangkan hal yang memberatkan tuntutan adalah terkait penggunaan psikotropika. "Hal-hal yang memberatkan (tuntutan): perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah yang memberantas psikotropika," imbuh jaksa.

Vanessa dan kuasa hukumnya mengajukan pleidoi atau pembelaan. Pledoi tersebut akan dibacakan pada 26 Oktober 2020.

Diketahui, polisi menyita 20 butir Xanax di kediaman Vanessa Angel. Sebanyak 15 butir ditemukan di kamar Vanessa, sedangkan 5 butir ditemukan di dalam tas yang berada di mobil.

(isa/aud)