Pakai Drone, Polisi Temukan 1 Hektare Ladang Ganja di Sumsel

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 16:49 WIB
Ganja yang ditemukan di ladang ganja Sumsel (dok. Istimewa)
Ganja yang ditemukan di ladang ganja Sumsel. (Foto: Istimewa)
Palembang -

Polisi menemukan ladang ganja seluas 1 hektare di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. Ladang ganja yang terletak di tengah Bukit Barisan itu ditemukan dengan menggunakan drone.

Kasat Narkoba Polres Musi Rawas Utara, Iptu Moris Widhi, menyebut ladang ganja terungkap setelah pihaknya menangkap dua pengguna, NV (23) dan KP (29), pada Jumat (9/10/2020).

"Awalnya kami menangkap dua orang. Dari dua orang ini diamankan 800 gram daun ganja kering siap konsumsi," ucap Moris, Kamis (15/10).

Polisi kemudian melakukan interogasi soal asal ganja. Menurut polisi, ganja didapat dari teman kedua orang itu yang berinisial RB.

"Mereka ini mengaku RB memiliki ladang ganja. Katanya ladang ganja RB berada di Desa Sukaraja Bukit Barisan atau tepat di sekitaran Taman Nasional Kerinci Seblat," kata Moris.

Setelah itu, polisi mencari titik yang dimaksud dengan drone. Dari perbukitan itu ditemukan ada ladang ganja.

"Tepat di seputaran Ulu Lake ditemukan tanaman ganja. Itu setelah kami pantau lewat drone dan GPS pada titik koordinat yang dimaksud," tuturnya.

"Tim kami membuka jalan sendiri sampai 3-4 jam untuk sampai ke lokasi. Di lokasi ditemukan ladang ganja ini dan total ada sekitar 295 batang atau 49 Kg diamankan," sambung Moris.

Pemilik ladang ganja, RB, disebut kabur saat tahu polisi mengamankan NV dan KP. RB kini menjadi buron polisi, sementara 49 kg ganja dibawa dari ladang tersebut sebagai barang bukti.

Tonton juga video 'Polisi Jambi Amankan 2 Hektare Ladang Ganja di Kebun Kopi':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)