Ditahan, Pemuda Berbaju 'FPI' Bawa Katapel Saat Demo Omnibus Law

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 15 Okt 2020 15:09 WIB
Pemuda beratribut FPI diamankan di Monas, kedapatan bawa ketapel
Pemuda beratribut 'FPI' diamankan karena membawa katapel. (Luqman Nurhadi Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengamankan 1.377 orang terkait demo penolakan omnibus law UU Cipta Kerja. Dari 1.277 orang tersebut, 1 orang ditahan yakni pemuda beratribut 'FPI' yang kedapatan membawa katapel.

"Dari 1.377 ini, ada satu yang kita lakukan penahanan. Ada yang yang membawa katapel pagi hari itu ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (15/10/2020).

Sebelumnya, pemuda tersebut diamankan polisi di kawasan Monas, Jakarta Pusat pada Selasa (13/10). Saat itu, massa Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK) NKRI dan PA 212 sedang demo di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat.

Pemuda yang memakai baju 'FPI' itu kedapatan membawa katapel. Pemuda tersebut diketahui berasal dari Banten dan hendak datang ke Jakarta untuk mengikuti demo.

Selain itu, Yusri mengatakan, 1.377 orang pendemo yang sempat diamankan di wilayah hukum Polda Metro Jaya telah dipulangkan semua ke rumah masing-masing. Yusri mengatakan mayoritas yang diamankan itu berstatus anak-anak dan pelajar.

Dia mengatakan pihaknya telah memanggil orang tua para anak tersebut dan telah meminta untuk membuat surat pernyataan. Yusri mengatakan jika nantinya para anak-anak tersebut terbukti terlihat aksi demonstrasi lagi, maka ada proses hukum yang akan dikenakan.

"Sudah kita kembalikan semuanya dengan syarat kita mendatakan mereka semuanya. Kemudian wajib diambil oleh orang tuanya. Dengan membuat pernyataan tidak akan mengulangi lagi. Nanti sekali terbukti akan kita proses sesuai hukum yang berlaku. Karena untuk pembelajaran mereka semuanya," jelas Yusri.

Selanjutnya
Halaman
1 2