Orasi Selesai, Buruh Demo Omnibus Law di Patung Kuda Jakpus Bubarkan Diri

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 18:07 WIB
Buruh demo di Patung Kuda, Jakpus bubarkan diri
Massa demo di Patung Kuda, Jakpus, membubarkan diri. (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Massa buruh yang melakukan unjuk rasa tolak omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja di Bundaran Patung Kuda Arjuna Wihaha, Jakarta Pusat (Jakpus), membubarkan diri. Massa membubarkan diri dengan tertib.

Pantauan detikcom, Rabu (14/10/2020), kelompok buruh dari dua aliansi yang melakukan unjuk rasa menolak omnibus law UU Cipta Kerja di pintu masuk Monas, tepatnya di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakpus, membubarkan diri sekitar pukul 17.25 WIB. Massa membubarkan diri setelah mendengarkan orasi orator dari atas mobil komando.

Massa membubarkan diri ke Jalan Medan Merdeka Selatan atau ke arah Tugu Tani. Pendemo meninggalkan lokasi dengan long march. Dua mobil komando pun mengikuti massa yang melakukan long march dari belakang.

Polisi mengawal kepulangan massa dengan memakai sepeda motor. Beberapa petugas lainnya pergi meninggalkan lokasi.

Petugas Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) pun datang ke titik massa melakukan unjuk rasa. PPSU menyingkirkan sampah-sampah pendemo.

Lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan lancar meski ada massa buruh yang melakukan long march. Buruh hanya memenuhi satu lajur kiri jalan. Kendaraan dari arah Balai Kota DKI Jakarta menuju Patung Kuda atau dari arah sebaliknya bisa melaju tanpa hambatan.

(lir/lir)