Begini Kondisi Thamrin City yang Sempat Didatangi Massa Rusuh

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 14 Okt 2020 09:35 WIB
Kondisi terkini Thamrin City (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Kondisi terkini Thamrin City (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Massa rusuh merusak bagian depan Thamrin City, Jakarta Pusat (Jakpus), tadi malam. Bekas-bekas kerusakan belum diperbaiki seluruhnya.

Pantauan detikcom, Rabu (14/10/2020) pukul 08.39 WIB di Thamrin City, Jalan KH Mas Mansyur, Jakpus, plang bertulisan 'Thamrin City' rusak dan bengkok. Lapisan besi di plang ini terkelupas. Komponen listrik di dalam plang ini pun terlihat dari luar.

Ada 2 baliho dengan ukuran berbeda di depan Thamrin City dari Jalan Jalan KH Mas Mansyur ini yang tampak mengalami kerusakan. Pada baliho yang berukuran kecil, ada sejumlah lubang kerusakan bekas hantaman batu. Sedangkan pada baliho berukuran besar, ada 3 lubang kerusakan.

Satu pos dan gate parkir Thamrin City rusak. Pada Jalan KH Mas Mansyur, tepatnya di depan Thamrin City, ada sisa-sisa pembakaran. Di pembatas jalan, juga terlihat batu-batu dan besi.

Kondisi terkini Thamrin City (Sachril Agustin Berutu/detikcom)Kondisi terkini Thamrin City (Sachril Agustin Berutu/detikcom)

Tidak tampak polisi atau anggota TNI yang melakukan penjagaan. Lalu lintas di Jalan KH Mas Mansyur pun terpantau ramai lancar di kedua arah.

Sebelumnya, massa rusuh sempat berkumpul di depan Mal Thamrin City, Jakarta Pusat, malam tadi. Polisi memastikan tak ada penjarahan.

Informasi yang dihimpun detikcom, massa sempat merusak bagian depan dari Thamrin City, Selasa (13/10) sekitar pukul 21.50 WIB. Baliho nama mal dan alat parkir pun dirusak massa.

Mal Thamrin City pun sempat dilempari, sehingga ada beberapa kaca yang pecah.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto mengatakan massa rusuh tersebut sudah dibubarkan personel Brimob. Kondisi saat ini sudah mulai kondusif.

"Warga pengen ini aja, dibubarin nggak mau, warga sudah kembali dan sudah dibubarkan Brimob. Kita halau untuk kembali, nggak mau kembali, tapi sekarang sudah bubar," kata Heru saat dikonfirmasi, Selasa (13/10).

Heru juga memastikan tak ada penjarahan di Thamrin City. "Saya jamin tidak ada pembakaran dan penjarahan. Aman terkendali," ucapnya.

Tonton video 'Kapolda dan Kabareskrim Sambangi Lokasi Demo di Patung Kuda':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)