SIDAK 13 Oktober: 4 Berita Aktual Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 22:16 WIB
Ketua Umum FPI, KH Ahmad Shabri Lubis, menyampaikan kondisi terkini mengenai Habib Rizieq Shihab. (detikcom).
Foto: Ketua Umum FPI, KH Ahmad Shabri Lubis, menyampaikan kondisi terkini mengenai Habib Rizieq Shihab. (detikcom).
Jakarta -

Demonstrasi yang digelar oleh PA 212 dan FPI menjadi berita populer hari ini. Lalu, ada juga soal virus baru, Norovirus yang menyerang China di tengah pandemi Corona.

Rangkuman berita-berita hangat itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul 'SIDAK!: 13/10/2020 5 TUNTUTAN FPI DALAM DEMO OMNIBUS LAW!' yang diunggah oleh akun YouTube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman keempat berita terpopuler hari ini:


1) FPI Turut Demo Tolak Omnibus Law, Usung Lima Tuntutan

Massa Aliansi Nasional Anti Komunis (ANAK) NKRI yang terdiri dari Persaudaraan Alumni (PA) 212 dkk menyampaikan aspirasinya. Mereka menuntut dibatalkannya UU Cipta Kerja.

Perwakilan dari FPI DKI Jakarta, Salman Al Farisi, mengatakan omnibus law akan menimbulkan ketidakadilan. Menurutnya, dengan disahkannya UU Cipta Kerja, ketidakadilan di Tanah Air semakin nyata.

"Hari ini kembali kita turun ke jalan, kita suarakan hak-hak kita. Kita melihat di tengah kita, di hadapan kita dipertontonkan sebuah ketidakadilan. Karena itu, maka kita sebagai umat Islam, sebagai rakyat tidak akan membiarkan ketidakadilan ada di negeri kita," teriak Salman dari atas mobil komando FPI, di Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (13/10/2020).

FPI menyampaikan lima tuntutan dalam aksi tersebut, tuntutan itu adalah:

Pertama, tuntutan FPI yakni menolak Rancangan Undang-undang (RUU) HIP/BPIP dan tangkap inisiatornya.

Kedua, bubarkan partai makar terhadap Pancasila.

Ketiga, mendesak MPR segera memakzulkan Presiden Jokowi.

Keempat, menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja

Kelima, kepada pemerintah dan DPR agar membatalkan Perppu Corona.


2) Mengenal Norovirus, Virus yang Serang China di Tengah Corona

Wabah norovirus membuat puluhan mahasiswa jatuh sakit di sebuah universitas di Provinsi Shanxi, China bagian utara. Virus yang sangat menular ini membuat para mahasiswa China itu muntah-muntah dan diare.

Seperti dilansir media China, Global Times, Selasa (13/10/2020), kasus norovirus atau flu perut yang mencuat di Shanxi ini membebani layanan kesehatan setempat. Beberapa mahasiswa yang jatuh sakit dirawat di asrama pria terdekat. Para mahasiswa itu menunjukkan gejala muntah, diare dan demam. Otoritas pengendalian penyakit setempat mengonfirmasi bahwa gejala-gejala itu disebabkan oleh infeksi norovirus.

Norovirus diketahui berasal dari keluarga yang sama sekali berbeda dengan virus Corona yang kini merajalela secara global. Virus Corona diketahui bisa menular dengan mudah dari manusia ke manusia dan bahkan melalui udara yang dihembuskan seseorang.

Sementara norovirus dapat menyebar ke manusia melalui kontak dengan kotoran manusia yang telah terinfeksi.

Norovirus merupakan virus yang sangat menular dan terkadang mematikan, yang menyebabkan penderitanya muntah dan diare. Selain bisa menyebar melalui kontak dengan penderita, virus ini bisa menyebar dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi.

3) Kampanye Usai Negatif COVID, Trump Lempar Masker ke Pendukung

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, kembali berkampanye di Florida setelah dinyatakan negatif virus Corona (COVID-19). Trump berpidato di hadapan ribuan pendukungnya yang berkumpul arena outdoor di Bandara Internasional Sanford Orlando, Florida.

Saat memasuki area kampanye, Trump melemparkan masker ke kerumunan pendukungnya. Dia kemudian berulang kali bicara soal kesembuhannya dari Corona.

"Saya telah melewatinya sekarang. Mereka bilang saya kebal. Saya merasa sangat kuat," ucap Trump kepada para pendukungnya yang berkerumun tanpa memakai masker.

"Saya akan mencium para pria dan wanita-wanita cantik. Saya akan memberikan kalian ciuman besar," imbuhnya.

4) So Sweet... Nora Suapi Jerinx di Sela Sidang 'IDI Kacung WHO'

Sidang terdakwa I Gede Ari Astina alias Jerinx 'SID' digelar hari ini. Sidang digelar secara tatap muka di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Agenda persidangan Jerinx 'SID' dalam kasus 'IDI kacung WHO' hari ini merupakan pemeriksaan saksi. Di sela-sela rehat sidang, Jerinx 'SID' kembali dibawa ke ruang tahanan PN Denpasar.

Dalam momen ini, Jerinx berkesempatan makan siang. Manisnya, Jerinx didampingi sang istri, Nora Alexandra.

Nora menyuapi langsung Jerinx yang ada di balik jeruji ruang tahanan. Menggunakan sendok plastik, Nora menyuapi suaminya nasi kotak.

Jerinx tampak sangat senang. Satu sendok nasi disodorkan Nora melewati jeruji besi. Nora juga tampak sesekali tersenyum ada di dekat suaminya.

(aik/knv)