Nyatakan Jakarta Kondusif Pascademo, Polisi: Kita Patroli Malam Ini

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 22:13 WIB
Pengamanan aksi 212 mulai diperketat. Polisi pun melakukan penutupan beberapa ruas jalan di sekitar Monas.
Ilustrasi pengamanan polisi. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Massa demo yang menolak UU Cipta Kerja di kawasan Patung Kuda, Jakarta, telah bubar. Polda Metro Jaya malam ini patroli di dalam kota untuk memastikan situasi Jakarta aman dan kondusif pascademo.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan personel pengamanan sebagian telah kembali ke markas. Namun pihak kepolisian tetap berpatroli untuk meningkatkan pengamanan di Jakarta dan sekitarnya.

"Kita patroli saja, sebagian besar (personel keamanan) sudah kembali," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dihubungi wartawan, Selasa (13/10/2020).

Yusri menyatakan situasi Jakarta malam ini kondusif. Tidak ada kejadian menonjol pascademo.

"Jakarta kondusif dan aman alhamdulillah," imbuh Yusri.

Sementara itu, Yusri menyebut, pihaknya mengamankan ratusan orang diduga perusuh di aksi massa. Saat ini mereka masih diperiksa di Polda Metro Jaya.

"Ada 561 (perusuh diamankan). Masih kita datakan mungkin akan nambah ya," ujar Yusri.

Seperti diketahui, massa demo di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, siang hari tadi. Massa yang terdiri atas PA 212 dan ormas, serta beberapa pelajar ini melakukan aksi menolak omnibus law UU Cipta Kerja.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana sebelumnya mengatakan pihaknya menangkap 500 orang terkait demo PA 212 dkk yang berujung ricuh di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Massa yang diamankan tersebut sebagian merupakan kelompok anarko.

Lalu lintas di kawasan Ibu Kota malam ini juga telah berangsur normal dan sudah bisa dilalui oleh masyarakat.

"Mulai pukul 20.15 WIB semua arus lalu lintas bisa dilewati," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo dihubungi, Selasa (13/10/2020).

(mei/mei)