Update Per Pukul 19.30 WIB: Aksi Mereda, Massa Terpusat di Jatibaru Jakpus

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 13 Okt 2020 19:53 WIB
Massa berlarian usai dibubarkan pasukan Brimob dengan menggunakan gas air mata di Gambir, Jakarta, Selasa (13/10/2020).
Ilustrasi demo ricuh (Rifkianto Nugroho/detikcom)

18.24 WIB
Sejumlah massa masih bertahan di sekitar Jalan Jatibaru Raya di mana sebelumnya terjadi aksi bakar-bakaran. Massa perusuh yang didominasi remaja itu tampak meneriaki polisi. Massa tampak melempar batu dan petasan ke arah polisi.

Tak lama kemudian, polisi bermotor tampak menerjang maju dan membuat massa lari ke arah Stasiun Tanah Abang. Polisi juga tampak menembakkan gas air mata. Massa kembali membalas dengan menembakkan petasan.

18.40 WIB
Massa yang masih bertahan di Jalan Jatibaru Raya hingga malam kembali melakukan aksi bakar-bakar di bawah jalan layang Cideng. Api terlihat dari material yang dibakar massa. Asap tampak membubung tinggi.

Tampak massa perusuh di lokasi memakai hoodie. Mereka juga teriak dengan umpatan kasar. Aksi bakar-bakar terjadi seusai aparat kepolisian memukul mundur massa sekitar pukul 18.24 WIB. Setelah aparat tidak terlihat di sekitar Jalan Jatibaru Raya, barulah massa perusuh kembali muncul.

19.00 WIB
Kerusuhan seusai demo PA 212 yang meluas di Tugu Tani, Jakarta Pusat, telah selesai. Kini, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta Pusat membersihkan sisa-sisa puing kerusuhan. Petugas berbaju oranye-hijau menyisir jalanan di Tugu Tani.

Para petugas berbagi tugas. Ada yang menyapu jalan untuk mengumpulkan serakan sampah sisa rusuh, seperti batu dan botol air mineral serta sampah lainnya. Ada pula yang mengangkut ke atas truk. Lalu lintas di lokasi terpantau kembali normal.

19.30 WIB
Lalu lintas di Bundaran HI yang mengarah ke Jalan MH Thamrin yang tadinya ditutup dibuka kembali. Kendaraan dari arah Semanggi menuju ke Jalan MH Thamrin boleh melintas.

Arus lalu lintas dari Semanggi ke Thamrin terpantau ramai lancar. Begitu juga dengan arah sebaliknya. Sementara itu, sejumlah polisi masih bersiaga di Pos Thamrin. Beberapa polisi terlihat duduk-duduk.


(azr/dhn)