8 dari 10 Tersangka Perusak Kantor ESDM Berusia Anak, Tetap Ditahan

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 17:17 WIB
Polisi rilis kasus aksi demo ricuh
Polisi rilis penangkapan perusuh di aksi penolakan omnibus law UU Cipta Kerja di Jakarta. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta - Polisi menangkap 10 orang terkait perusakan di kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat demo omnibus law UU Cipta Kerja. Dari 10 orang itu, 8 di antaranya masih anak di bawah umur.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengatakan, kedelapan tersangka tetap ditahan meskipun berusia anak di bawah umur. Hanya saja, perlakuan terhadap 8 tersangka berbeda dengan tersangka dewasa.

"Jadi tetap walaupun anak tetap ditahan, tapi dengan aturan yang berbeda dengan yang dewasa," kata Irjen Argo Yuwono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (12/10/2020).

Para tersangka dijerat dengan Pasal 170 KUHP, Pasal 214 KUHP, Pasal 218 KUHP dan atau Pasal 358 KUHP jo Pasal 55 KUHP jo Pasal 56 KUHP. Dari para tersangka ini, polisi menyita barang bukti berupa batu, kayu, pecahan botol, handphone dan lain-lain.

Argo menambahkan, para pelaku bukan bagian dari mahasiswa ataupun buru. Para pelaku datang ke lokasi untuk merusuh dan melakukan tindakan anarkis.

"Kantor ESDM yang dirusak ini nggak bersalah kantor ini. Ini melayani pelayanan publik tapi dirusak. Ini porak-poranda kantor ESDM," kata Argo.

"Karena dirusak, apakah dari kepolisian diam saja? Enggak lah. kita Buktikan bahwa negara tidak boleh kalah dengan anarkisme, dengan premanisme," sambung Argo.

Polisi melakukan penyelidikan selama 3 hari terkait perusakan di kantor ESDM ini. Para pelaku berhasil ditangkap Tim Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya di bawah pimpinan Kompol Handik Zusen, AKP Rulian Syauri dan AKP Ressa F Marasabessy.

Seperti diketahui, aksi penolakan omnibus law Undang-undang Cipta Kerja pada Kamis (8/10) berujung ricuh. Massa merusak sejumlah fasilitas umum hingga objek vital, termasuk salah satunya kantor ESDM.

Kaca-kaca kantor ESDM pecah dilempari batu oleh massa. Tidak hanya itu, para pelaku juga menjarah di kantor ESDM tersebut.

Lihat video saat 'Mobil-Kantor Kementerian ESDM Dirusak Massa Demo':

[Gambas:Video 20detik]



(mei/mei)