Tak Bisa Demo di Istana, Massa Buruh Bubarkan Diri di Patung Kuda

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 14:10 WIB
Massa buruh membubarkan diri di patung kuda (Luqman/detikcom)
Massa buruh membubarkan diri di patung kuda. (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Massa buruh tidak diperkenankan bergerak ke Istana Negara, Jakarta, untuk melakukan unjuk rasa. Mereka berputar balik di depan gedung Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jalan Medan Merdeka Barat, dan membubarkan diri di Patung Kuda.

Pantauan detikcom, Senin (12/10/2020) pukul 13.05 WIB, massa Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) bergerak menuju Istana Negara setelah polisi membuka pagar kawat. Mereka bergerak setelah menunaikan salat dan beristirahat.

Awalnya, berdasarkan hasil negosiasi polisi dan buruh, massa demo tidak boleh sampai Istana dan diminta berputar balik untuk meninggalkan lokasi usai istirahat salat. Namun, massa sempat kembali meminta untuk menyampaikan aspirasi di Taman Pandang.

Massa buruh akhirnya tertahan di depan gedung Kemenhub. Polisi dan TNI kembali membentuk barikade.

"Kita kembali ditahan untuk ketiga kalinya. Pertama di Patung Kuda, lalu di depan Sapta Pesona, sekarang di sini (Kemenhub)," ujar orator lewat mobil komando.

Massa akhirnya memutuskan berputar balik sesuai kesepakatan awal. Mereka memutar di depan gedung Kemenhub dan bergerak menuju Patung Kuda.

Buruh sempat berhenti di Patung Kuda untuk membubarkan diri. Mereka mayoritas pergi melewati Jalan Medan Merdeka Selatan.

Hingga pukul 13.50 WIB, Jalan Medan Merdeka Barat sudah bisa dilalui. Lalu lintas kendaraan menuju Istana Negara maupun arah sebaliknya lancar.

(isa/isa)