TransJ Modifikasi Rute Imbas Demo di Monas, Ini Daftarnya

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 13:20 WIB
Halte TransJakarta Monas nampak sepi karena tak beroperasi. Halte itu ditutup sementara untuk mengantisipasi terjadinya aksi di area sekitar Bawaslu.
Ilustrasi TransJakarta (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

TransJakarta memodifikasi sejumlah rute busnya. Modifikasi tersebut dilakukan sebagai imbas adanya aksi unjuk rasa yang digelar di kawasan Monas, Patung Kuda dan sekitarnya.

"Sebubungan dengan adanya aksi unjuk masa di Kawasan Monas, Patung Kuda dan sekitarnya, beberapa layanan TransJakarta yang melintas di sekitar lokasi terpaksa mengalami modifikasi rute layanan," kata Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta, Prasetia Budi dalam keterangan tertulis, Senin (12/10/2020).

Modifikasi rute dilakukan, salah satunya di Koridor 1. TransJakarta mengalihkan rute untuk Blok M-Kota. Sementara arah sebaliknya berjalan normal.

"Pengalihan arah Kota: Dilakukan pengalihan selepas Halte Sarinah belok kiri Via Jl Cideng Barat - Cideng Timur - Petojo - Harmoni - Kota," ujarnya.

Untuk pelanggan yang menggunakan TransJakarta ke Kota dari Halte Monas dan Halte BI, diminta untuk berpindah ke arah Blok M. Nantinya, pelanggan diminta turun di Halte Sarinah untuk menuju ke Kota.

"Untuk pelanggan di Halte Monas dan BI yang akan ke arah Kota berpindah ke arah Blok M kemudian turun di halte Sarinah, sedangkan pelanggan dari arah Blok M ke Kota yang akan turun di Halte BI dan Monas ikut rute pengalihan kemudian turun di halte Harmoni naik kembali ke arah Blok M," ujar Prasetia.

Rute yang dialihkan berikutnya merupakan Koridor 2, Pulogadung - Harmoni. Prasetia mengatakan, rute tersebut mengalami perpendekan rute menjadi PIK-Kota untuk mengurangi kepadatan bus di sekitar HCB.

Perpendekan rute juga dilakukan untuk rute bus 6A dan 1A. Berikut rutenya:

1. 6A (Monas - Ragunanan via Kuningan) dan 6B (Monas - Ragunan via Semanggi)
Mengalami perpendekan rute sampai Halte Bank Indonesia.

2. 1A (PIK - Balaikota)
Mengalami perpendekan rute menjadi PIK - Kota untuk mengurangi kepadatan bus di sekitaran HCB

"Selain rute-rute di atas, semua layanan kami masih berjalan normal. Layanan akan Kembali beroperasi normal, saat kondisi telah memungkinkan untuk dilalui armada bus," kata Prasetia.

(mae/fjp)