Jokowi Minta RI Terus Tekan Angka Kematian Corona yang Masih di Atas Dunia

Tim detikcom - detikNews
Senin, 12 Okt 2020 10:08 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan angka kematian akibat virus Corona (COVID-19) di Indonesia masih di atas rata-rata dunia. Meski demikian, Jokowi menyebut angka kematian akibat Corona di Indonesia bisa terus ditekan.

"Dan kita juga sudah bisa menekan angka rata-rata kematian, meski masih di atas dunia, di 3,55 persen. Ini lebih baik dibandingkan 2 minggu lalu, di 3,77 persen," kata Jokowi saat memberi arahan dalam rapat terbatas yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Kabinet, Senin (12/10/2020).

Rata-rata angka kematian akibat Corona di dunia adalah 2,88 persen. Jokowi memberikan tugas besar agar angka kematian di Indonesia terus ditekan.

"Namun masih lebih tinggi dari rata-rata kematian dunia di 2,88 persen. Saya kira tugas besar kita di sini bagaimana rata-rata angka kematian di sini bisa ditekan terus," tegasnya.

Di sisi lain, Jokowi mengungkap angka kesembuhan Corona di Indonesia lebih tinggi dari rata-rata dunia. Jokowi menekankan agar standar pengobatan hingga fasilitas kesehatan ditingkatkan supaya angka kesembuhan bisa semakin tinggi.

"Rata-rata kesembuhan, ini per 11 Oktober mencapai 76,48 persen. Dan ini sudah lebih baik dari rata-rata kesembuhan dunia mencapai 75,03 persen. Sudah lebih baik," ungkap Jokowi.

"Karena itu, angka rata-rata kesembuhan harus terus diperbaiki, terus ditingkatkan dengan meningkatkan standar pengobatan, baik di RS, ICU, maupun tempat-tempat isolasi," ujarnya.

(azr/fjp)