Ini Penyebab Kecelakaan Beruntun di Tol Layang Cikampek Arah Jakarta

Matius Alfons - detikNews
Minggu, 11 Okt 2020 20:03 WIB
Kecelakaan Beruntun di Tol Elevated Arah Jakarta
Kecelakaan Beruntun di Tol Elevated Arah Jakarta (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Petugas Jalan Raya (PJR) Korlantas Polri tengah melakukan proses evakuasi 5 kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun di Km 22 Tol Elevated Karawang arah Jakarta. Kecelakaan disebut karena kurang jaga jarak antar kendaraan.

"Kendaraan saat ini sudah meninggalkan TKP dan diamankan ke pool derek Jatibening," kata Kanit PJR Cikampek Korlantas Polri, Iptu Budi Hernawan, saat dihubungi, Minggu (11/10/2020).

Budi mengatakan kecelakaan terjadi tadi sekitar pukul 18.30 WIB di Km 22 Tol Elevated yang mengarah ke Jakarta. Menurutnya kecelakaan terjadi lantaran kendaraan tidak menjaga jarak.

"Kendaraan pertama datang dari Cikampek arah Jakarta, menurut pengakuan pengemudi ada kendaraan di depannya nihil identitas mengurangi kecepatan secara tiba-tiba lanjut kendaraan pertama kurang antisipasi sehingga menabrak kendaraan tersebut," papar Budi.

Selanjutnya, Budi menyebut kendaraan lainnya pun lanjut menabrak kedua kendaraan tersebut. Kecelakaan terjadi di lajur 2 tol.

"Kemudian datang kendaraan 2,3,4,5 kurang antisipasi sehingga terjadi tabrakan beruntun di lajur 2, posisi akhir kendaraan di bahu jalan," ucapnya.

Budi mengatakan kecelakaan dikarenakan kurangnya antisipasi antara kendaraan. "Info awal kurang antisipasi jarak aman," imbuhnya.

Saat ini seluruh kendaraan pun sudah dievakuasi. Dia memastikan per pukul 19.45 WIB, tol elevated menuju Jakarta sudah dibuka kembali.

"Untuk arus lalin sudah terbuka lebar 2 jalur," lanjut Budi.

Tonton juga 'Kecelakaan Beruntun Terjadi di Tol Japek':

[Gambas:Video 20detik] (maa/imk)