Halte TransJ yang Dirusak Saat Demo Beroperasi 50% Besok, Bakal Dijaga Ekstra

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 11 Okt 2020 19:59 WIB
Halte TransJakarta Bundaran Hotel Indonesia (HI) dibakar massa. Padahal halte yang berada tepat di atas Stasiun MRT ini baru diresmikan tahun lalu.
Kondisi Halte TransJakarta Bundaran HI yang dibakar / Foto: Antara Foto
Jakarta -

Sejumlah halte TransJakarta dirusak ketika demo penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja berujung ricuh. Mulai besok, halte-halte itu akan beroperasi 50% untuk melayani penumpang.

"Sudah, belum bisa 100 persen, jadi dioperasikan 50 persen, yang 50 persen dalam proses untuk dibangun ulang. Nah proses pembangunan ulang itu perlu waktu kira-kira 5 minggu, yang separuh, yang sebagian, itu dipasang sementara. Jadi belum permanen sampai separuh kemudian selesai baru nanti diperbaiki," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kepada wartawan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (11/10/2020).

Anies mengatakan pihaknya akan melakukan penjagaan ekstra di fasilitas umum untuk mengantisipasi adanya demo susulan. Pemerintah Provinsi DKI (Pemprov) DKI, kata Anies, akan turut menggandeng TNI-Polri dalam rencana penjagaan itu.

"Ya Insyaallah, jadi dengan Kodam (Komando Daerah Militer) dengan kepolisian dan jajaran DKI, kita akan siapkan penjagaan ekstra untuk fasilitas-fasilitas umum yang ada di sekitar sini," ucapnya.

Anies menjelaskan kejadian yang terjadi pada Kamis (11/10) kemarin merupakan kali pertama para pendemo membakar fasilitas umum. Karena alasan itulah, Pemrov DKI, dikatakan anies, berencana melakukan penjagaan itu.

"Memang ini baru pertama kali terjadi, demo di Jakarta. Sudah terjadi berkali-kali dalam beberapa tahun ini juga terjadi, tapi belum pernah kita mengalami sebuah demonstrasi di mana ada pelaku-pelaku yang sampai membakar fasilitas umum disepanjang Thamrin dan Sudirman. Jadi insyaallah pada waktu yang akan datang ada penjagaan lagi," tutur Anies.

Sebelumnya, ada 46 halte yang mengalami kerusakan dan 3 halte lainnya rusak berat usai demo pada Kamis (7/10/2020) itu. Pemprov DKI memperkirakan perbaikannya memakan biaya Rp 65 miliar.

Tonton juga 'Halte TransJ yang Rusak Akan Dioperasikan, Anies: Dibagi Dua Bagian':

[Gambas:Video 20detik]

(imk/imk)