Banjir Surut, Warga Rambutan Jaktim Bersih-bersih Rumah

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Minggu, 11 Okt 2020 13:10 WIB
Warga Kelurahan Rambutan, Jakarta Timur, bersih-bersih rumah (Luqman/detikcom)
Warga Kelurahan Rambutan, Jakarta Timur, bersih-bersih rumah usai banjir surut. (Luqman/detikcom)
Jakarta -

Banjir besar melanda wilayah Kelurahan Rambutan, Jakarta Timur, akibat hujan deras. Pengungsi di aula kantor Kelurahan Rambutan sudah kembali ke rumah masing-masing.

"Jadi pengungsi untuk yang di aula Kelurahan Rambutan itu ada 12, terdiri dari 4 orang anak sisanya orang dewasa. Jadi karena sudah surut jadi sudah pada balik ke rumah masing-masing untuk membersihkan tempatnya masing-masing karena lumpur-lumpur," kata Sekretaris Kelurahan Rambutan Dalijo di kantornya, Minggu (11/10/2020).

Dalijo mengungkap ada 12 orang yang mengungsi di aula Kelurahan Rambutan. Mereka mengungsi pada Sabtu (10/10) pukul 21.00 dan pulang esoknya pukul 07.00 pagi.

"Mereka mengungsi dari jam 21.00. Kan hujannya itu sebelum dan setelah magrib. Terus jam 21.00 sudah mulai evakuasi untuk pengungsian di kelurahan ini," ungkap Dalijo.

Kondisi serupa juga dijumpai di pos pengungsian di SDN Rambutan 03. Sebelumnya ada 6 warga yang mengungsi namun sudah kembali ke rumah masing-masing.

Sementara itu, sejumlah warga tampak masih membersihkan rumahnya yang sempat tergenang banjir. Tampak lingkungan SDN Rambutan 03 dipenuhi lumpur. Beberapa bagian pagar tambah rusak.

Salah seorang warga RT 12 RW 03 Kelurahan Rambutan bernama Raymond (23) tampak tengah membersihkan perabotan rumahnya yang terendam banjir. Dia menyebut banjir semalam setinggi 20-30 cm.

"Kira-kira mungkin (banjirnya setinggi) 20-30 cm," ujar Raymond.

Raymond mengaku sudah sedari pagi membersihkan sisa-sisa banjir. Beberapa barang seperti kulkas, sebut dia, sedikit terendam dan lumpur masuk ke rumahnya.

"Pastinya barang-barang semua basah. Terus beberapa barang seperti kulkas sedikit tenggelam, lumpurnya masuk," sebut Raymond.

Sebelumnya, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta yang diterima, Minggu (11/10/2020), per pukul 06.00 WIB, masih ada 9 pos pengungsian yang tersebar di 4 kelurahan. Sebanyak 1.333 jiwa masih mengungsi.

Pos pengungsian berada di Kelurahan Rambutan, Kelurahan Ciganjur, Kelurahan Cilandak Timur, dan Kelurahan Pondok Pinang.

(isa/isa)