PSBB Ketat DKI Berakhir Hari Ini, Aktivitas Olahraga Masih Ramai di Sudirman

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 11 Okt 2020 08:35 WIB
Suasana warga berolahraga di kawasan Sudirman, Jakarta pada Minggu (11/10/2020) pagi.
Suasana warga berolahraga di kawasan Sudirman, Jakarta, pada Minggu (11/10/2020) pagi. (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ketat DKI Jakarta berakhir hari ini. Kawasan Sudirman pun masih menjadi lokasi pilihan warga untuk berolahraga pagi ini.

Pantauan detikcom di sekitar kawasan fX Sudirman, Minggu (11/10/2020), sekitar pukul 07.30 WIB, warga berdatangan untuk berolahraga. Mayoritas warga berolahraga dengan bersepeda.

Warga mengayuh sepedanya di jalan raya maupun di trotoar. Mereka datang dari arah Bundaran Senayan menuju Semanggi ataupun sebaliknya.

Terdapat plastic barrier oranye di lajur kiri yang memisahkan antara kendaraan bermotor dan pesepeda. Di sisi lain, pesepeda di trotoar bercampur dengan warga yang berolahraga lari. Hal ini menyebabkan penumpukan di atas trotoar.

Selain itu, pesepeda ataupun pelari kerap beristirahat sejenak selepas berolahraga. Saat beristirahat inilah mereka kerap berkerumun.

Suasana warga berolahraga di kawasan Sudirman, Jakarta pada Minggu (11/10/2020) pagi.Suasana warga berolahraga di kawasan Sudirman, Jakarta, pada Minggu (11/10/2020) pagi. (Tiara Aliya/detikcom)

Seluruh warga beraktivitas memakai masker. Akan tetapi, masih ada yang menurunkan masker ke dagu saat berolahraga.

Terlihat pula sejumlah petugas gabungan dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Satpol PP DKI Jakarta. Petugas berjaga dan mengawasi aktivitas warga.

Petugas yang bersiaga di sekitar jalan raya mengarahkan pesepeda melaju di lajur sebelah kiri, sedangkan kendaraan bermotor di sebelah kanan. Sementara itu, petugas lainnya melakukan pemantauan di sekitar trotoar dan membawa sejumlah papan bertuliskan sosialisasi 3M, yakni menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Diketahui, PSBB di DKI Jakarta diperpanjang hingga 11 Oktober 2020. Keputusan itu diambil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pemprov DKI Jakarta pun telah membahas kelanjutan PSBB ketat pada Sabtu (10/10) kemarin. Pemprov DKI Jakarta mengevaluasi pelaksanaan PSBB selama ini.

"Jam 11 siang ini kami ada rapat soal ini. Nanti (pengumumannya) sesudah itu. Tinggal finalisasi bahan komunikasinya," kata Gubernur DKI Jakarta Baswedan di Halte TransJakarta Bundaran HI, Jakarta Pusat, Sabtu (10/10).

(azr/azr)