Sasa: Orasi Pancasalah Kritik Segelintir Penguasa yang Ubah Marwah Pancasila

Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 10 Okt 2020 12:37 WIB
Sasa, mahasiswa Unhas yang viral karena orasi ganti Pancasila
Sasa (dok. Istimewa)
Makassar -

Mahasiswi Universitas Hasanuddin, Makassar, Sasa, berbicara mengenai konten video orasi pancasalah miliknya yang viral. Sasa menjelaskan konten pancasalah tersebut adalah kritik terhadap segelintir penguasa yang mengubah marwah Pancasila.

"Pancasalah adalah kritikan kepada pemerintah, oligarki, dan segelintir penguasa yang mengubah marwah Pancasila," kata Sasa kepada detikcom, Sabtu (10/10/2020).

Menurut Sasa, kritik kepada dirinya bahwa dia telah mengubah Pancasila sebagai dasar negara adalah hal yang tak berdasar. Dia justru mengkritik segelintir penguasa yang mengubah marwah Pancasila.

"Saya tidak pernah mengubah isi Pancasila. Kalaupun banyak yang beranggapan, kalian percaya saya punya kuasa untuk itu?" ujar Sasa.

Sasa melanjutkan, pancasalah seperti yang ia sampaikan saat orasi terinspirasi oleh rezim atau penguasa. Orasinya di jalanan itu pun dia maksudkan untuk mengkritik karena dia menganggap kritik dengan cara lain tak akan didengarkan.

"Tidak ada yang bisa berubah hanya dengan kata-kata, kritik pun tidak ada artinya bagi penguasa, mereka sudah tutup hati dan telinga," katanya.

Tonton juga video 'Demo di Semarang: DPRD Jateng Dicoret-coret, Pagar Dirobohkan':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2