14 Remaja Diamankan Lagi di Bundaran HI, Polisi: Ada Ajakan Demo di WA

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 09 Okt 2020 18:51 WIB
14 remaja diamankan di Bundaran HI.
14 remaja diamankan di Bundaran HI. (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Belasan remaja dari luar Jakarta diamankan lagi di kawasan Bundaran HI. Polisi menyebut para remaja ini siap diajak demo.

"Nanti mereka kumpul, ada demo di mana nanti mereka ikut. Itu di WA-nya (WhatsApp) tuh. Ya kalau ada demo baru ikut. Itu ada ajakannya, iya (ajakan demo) itu ada WA-nya tuh. Dia (para remaja) itu ada grup (WhatsApp), dia ajak teman-teman (bila ada demo) 'ayo ikut, kita ikut demo'. Itu (diketahui saat) dibuka handphonenya," kata Kanit Binmas Polsek Menteng Kompol Ahmad Ollong, kepada wartawan, Jumat (9/10/2020).

Remaja yang diamankan ini sebanyak 14 orang. Semuanya dari luar Jakarta.

"(Mereka semua warga) Tangerang (dan) Depok. (Tidak ada yang warga) Jakarta, nggak ada. Ini orang pinggiran (Jakarta) nih," ujar Ollong.

Para remaja ini diamankan saat sedang berjalan kaki di Jalan MH Thamrin, atau dari arah Patung Kuda Arjuna Wihaha menuju Bundaran HI. Dari 14 remaja yang diamankan, satu di antaranya perempuan.

"Tadi saya tanya, 'dek kamu cewek, ikut'. 'Iya saya udah izin dari ibu saya, kalau izin boleh aja' (balas remaja perempuan). 'Astagfirullah, kamu ikut-ikutan', 'Iya Pak saya udah izin Pak, kalau sudah izin boleh aja jalan', gitu," ucap dia.

Ollong mengatakan ke-14 remaja ini dibawa ke Monas. Sesampainya di Monas, para remaja ini akan dibina. Setelah itu mereka dipulangkan ke rumahnya masing-masing.

"Dari tadi siang selesai salat Jumat, tadi udah 20 (remaja yang diamankan di Pos Polisi Bundaran HI) lah, tambah ini lagi (14 remaja). Iya (total remaja yang diamankan dari Pos Polisi Bundaran HI ada) 34," tandasnya.

Simak juga video 'Komisi III DPR RI: Aksi Kemarin Murni, Tapi Ada 'Penumpangnya'':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)