Top 5 News

Amuk Risma ke Demonstran hingga Timnas U-19 Bekuk Klub Kroasia

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 09 Okt 2020 17:50 WIB
Top 5 News 9 Oktober
Foto: detikcom
Jakarta -

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memarahi pendemo UU Cipta Kerja Omnibus Law yang merusak fasilitas kota viral di berbagai media sosial. Kemarahan Risma memuncak saat tahu pendemo tersebut berasal dari luar Kota Surabaya.

Sementara itu, dalam dunia olahraga Timnas Indonesia U-19 memetik kemenangan besar pada laga uji coba teranyar di Kroasia. Timnas U-19 meraih kemenangan dengan skor 3-0 atas NK Dugopolje pada laga uji coba di Stadion NK Uskok Klis, Split.

Selain dua berita tersebut, ada juga berita lainnya yang banyak dibaca. Apa saja? Berikut ini Top 5 News edisi Jumat (9/10/2020).

1. Risma Amuk Pendemo yang Rusuh di Surabaya

Wali Kota Risma mengamuk saat mengetahui kotanya rusak parah dan hancur. Itu dikarenakan pendemo yang anarkis merusak fasilitas umum. Hingga kini, masih terlihat dampak kerusakan akibat demo yang semula menolak UU Cipta Kerja Omnibus Law.

Risma pun murka ternyata seorang pelajar yang berdemo bukan berasal dari Surabaya melainkan dari Madiun. Dirinya bahkan kesal karena telah susah payah membangun kota Surabaya untuk warganya dan tetapi dirusak orang luar kota.

"Aku bangun ini buat rakyatku, kenapa kamu tidak rusak kotamu sendiri. Aku belain wargaku setengah mati, kenapa kamu kesini. Kamu tega sekali. Aku bangun kota ini setengah mati tahu, tanganku sampai patah belain wargaku. Kenapa kamu hancurin," bentak Risma.

Artikel Selengkapnya: Video Risma Marahi Demonstran Madiun

2. Timnas U-19 Menang Lawan Klub Kroasia

Timnas Indonesia U-19 sukses mengalahkan NK Dugopolje 3-0 dalam laga uji coba di Eropa. Pelatih Shin Tae-yong mengaku puas melihat gol-gol yang diciptakan Garuda Muda.

Tiga gol kemenangan Garuda Muda di laga itu masing-masing dicetak oleh dicetak oleh Braif Fatari pada menit ke-3, Brylian Aldama di menit ke-15, dan Witan Sulaeman di menit ke-21.

Laga ini merupakan uji coba pertama bagi Garuda Muda di bulan Oktober. Ini juga menjadi pertandingan lanjutan selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia sejak 30 Agustus lalu.

Artikel Selengkapnya: Timnas U-19 Bekuk Dugopolje

3. Kunker Jokowi di Kalteng Jadi Sorotan Netizen

Aksi demonstran di beberapa daerah terkait penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja pada Kamis (8/10) berlangsung ricuh. Warganet pun menyoroti kegiatan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kalimantan Tengah yang waktunya bertepatan dengan kejadian tersebut hingga menuai pro dan kontra.

Di sana Jokowi meninjau kawasan lumbung pangan yang sedang pemerintah kembangkan. Termasuk meninjau penanaman padi, keramba ikan, serta peternakan bebek yang lokasinya berada di Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam beberapa foto yang tersebar, tampak Jokowi tengah mengamati peternakan itik yang viral di media sosial. Tentu saja foto ini menimbulkan pro dan kontra di kalangan netizen. Banyak yang menyayangkan aksi Jokowi yang lebih memilih meninjau kandang itik di tengah kondisi Indonesia yang tengah genting, terkait unjuk rasa UU Cipta Kerja.

Artikel Selengkapnya: Kunker Jokowi Disorot Netizen

4. Momen Viral Mahasiswa Orasi Pancasalah

Video seorang mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dari Universitas Hasanuddin, Makassar, viral di media sosial. Hal ini karena orasinya mengganti Pancasila dengan 'pancasalah' saat demo tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Rekaman video berdurasi 29 detik itu memperlihatkan situasi unjuk rasa pada Kamis kemarin (8/10). Tepat di belakang si mahasiswi berdiri ada kepulan asap sisa-sisa bentrokan dengan aparat.

Tendangan dibalas tendangan, darah dibalas darah negara kita yang katanya. Negara Pancasila, sekarang jadi negara Pancasalah," katanya.

Artikel Selengkapnya: Ini Video Mahasiswi Orasi Pancasalah

5. Sisa-sisa Kerusakan Demo Tolak Omnibus Law

Aksi Tolak UU Cipta Kerja kemarin menimbulkan kerusakan di berbagai wilayah di Indonesia. Misalnya di Jakarta, Stasiun MRT di Jalan MH Thamrin depan Plaza Indonesia salah satu yang jadi sasaran tindakan anarkis massa penolak Undang-undang (UU) Omnibus Law Cipta Kerja.

Stasiun Bundaran HI pintu Utara itu terlihat tidak lepas dari aksi coret-coretan massa. Meski kaca jendela masih berdiri tegak, ada keretakan terlihat sehingga kaca bertuliskan agar jangan disentuh.

Selain itu, demo ricuh massa aksi itu juga menyisakan rentetan kerusakan di halte TransJ Tosari. Puing-puing sampah dan kaca berserakan, namun para petugas sigap membersihkannya.

Artikel Selengkapnya: Begini Potret Kerusakan Demo Ricuh di Jakarta

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)