Antisipasi Demo Tolak UU Cipta Kerja, Akses Menuju Istana Ditutup

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 08 Okt 2020 12:55 WIB
Akses menuju Istana mulai ditutup.
Akses menuju Istana mulai ditutup. (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Polisi mulai menutup jalan menuju Istana mengantisipasi massa pendemo tolak UU Cipta Kerja. Barrier dan kawat berduri mulai dipasang di area Jalan Merdeka, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom, Kamis (8/10/2020), akses dari arah Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat ditutup dari depan kantor Indosat. Penutupan ditandai dengan pemasangan road barrier dan traffic cone.

Kendaraan menuju Istana Negara dari arah Bundaran Hotel Indonesia (HI) dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Selatan. Polisi melakukan penjagaan dan pengaturan lalu lintas di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Selain itu, polisi memasang kawat besi di sekitar gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Tampak di lokasi 2 mobil water cannon disiagakan. TransJakarta tak terlihat melintas.

Lalu akses menuju Jalan Medan Merdeka Barat dari Harmoni dan Jalan Medan Merdeka Utara ditutup menggunakan pembatas. Sejumlah polisi tampak berjaga di depannya.

Hanya aparat keamanan yang diperbolehkan melintas ke Jalan Medan Merdeka Barat atau menuju Pintu Utara Monas. Situasi lalu lintas siang ini dari Medan Merdeka Utara ke Harmoni lancar.

Kemudian polisi menutup Jalan Medan Merdeka Barat dari arah Istana Negara menuju Jalan MH Thamrin. Pasukan huru hara pun disiagakan. Belum terlihat ada sekumpulan massa buruh maupun mahasiswa di sekitar Patung Kuda.

Berikut rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Negara:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jl Veteran III diluruskan ke TL Harmoni.
2. Arus lalu lintas dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.
3. Arus lalu lintas dari Jl Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.
4. Arus lalu lintas dari Jl MH Thamrin yang akan menuju ke Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan ke Jl Kebon Sirih.
5. Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis yang akan belok kiri ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Fachrudin dan arus lalin dari Jl Fachrudin yang akan belok kanan ke Jl Budi Kemuliaan diluruskan ke Jl Abdul Muis
6. Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jl Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jl Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jl Museum diluruskan ke Jl Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jl Majapahit.
7. Arus lalu lintas dari Jl Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jl Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jl Juanda dan arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya yang akan belok ke kiri ke Jl Majapahit diluruskan ke Jl Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jl Gajah Mada.

(idn/idn)