Benny Harman Sebut Video Dukung UU Cipta Kerja Dipotong: Itu Disesatkan!

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kamis, 08 Okt 2020 11:54 WIB
Wakil ketua Komisi III DPR Benny K Harman saat memimpin Pansus RUU Pemilu
Benny K Harman (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Video anggota Fraksi Partai Demokrat (PD) DPR Benny Kabur Harman yang dinarasikan mendukung RUU Cipta Kerja beredar. Benny, yang memimpin aksi walk out F-PD dari sidang paripurna pengesahan omnibus law UU Cipta Kerja, mengatakan video yang beredar tersebut dipotong dan disesatkan.

Benny Harman menyebut video yang beredar itu benar merupakan dirinya. Namun, ia menegaskan, dukungan diberikan untuk beberapa klaster di luar klaster ketenagakerjaan pada omnibus law UU Cipta Kerja.

"Ya, tapi ada sambungannya. Khusus untuk klaster itu. Itu video disesatkan, tidak utuh. Yang utuh itu kan pembukaan. Yang saya omong itu apa? Mendukung niat baik pemerintah, ya kan?" ujar Benny K Harman saat dihubungi, Kamis (8/10/2020).

"Terakhirnya kan 'khusus untuk klaster tenaga kerja, Partai Demokrat meminta dikeluarkan'. Yang kedua, saya minta 'supaya putusan ini akan kami bawa di rapat tingkat I dan di rapat tingkat II', berarti putusan di rapat paripurna, itu catat, harus tahu itu, substansinya itu," imbuhnya.

Benny menegaskan kembali video yang dinarasikan Demokrat mendukung RUU Cipta Kerja tersebut sudah dipotong. Ia kembali menegaskan sejak awal Demokrat menolak klaster ketenagakerjaan pada omnibus law UU Cipta Kerja.

"Dipotong, mereka nggak baca. Ya biar saja mereka motong. Iya nolak. Itu mereka sesatkan, biasalah...," tutur Benny.

Anggota Komisi III DPR itu membenarkan video yang beredar tersebut merupakan rapat pada 28 September 2020. Benny mengatakan video diambil saat rapat penutup Panitia Kerja (Panja) RUU Cipta Kerja yang dipimpin oleh Ketua Badan Legislasi (Baleg) Supratman Andi Agtas.

"Iya (28 September 2020), itu saksinya banyak itu. Dipimpin oleh Ketua Baleg. Tanya saja beliau. Di rapat Panja, itu penutupan rapat Panja. Kan kami dikasih kesempatan untuk ngomong. Kan gitu," ungkapnya.

Mengenai pernyataan dirinya soal dukungan kepada pemerintah, Benny menyebut itu merupakan bentuk sarkasme yang dilontarkannya. Ia juga menantang siapa pun yang memotong video itu untuk memuat utuh video pernyataan dirinya sehingga substansi pernyataan tidak menjadi sesat.

"Harus ngomong gitu dong, yang baik ke pemerintah, kerja keras pemerintah. Ya sindir, sinisme, kan. Sindir. Tapi dipotong aja. Coba aja mereka muat utuh," tantang Benny.

Untuk diketahui, video yang beredar tersebut memberi keterangan bahwa Benny K Harman menyatakan dukungannya terhadap RUU Cipta Kerja pada rapat di sebuah hotel di Tangerang, Senin, 28 September 2020. Video itu menampilkan potongan pernyataan Benny K Harman soal RUU Cipta Kerja.

"Saya... eh... ingin menyampaikan yang pertama sekali, eh... dukungan dan eh... pernyataan kami terhadap eh... kesungguhan pemerintah untuk memperbaiki khususnya ekosistem investasi, perbaikan demokrasi, meningkatkan pelayanan penegakan hukum, keadilan, komitmen terhadap lingkungan hidup dan juga ketahanan bangsa yang kami cermati menjadi spiritualitas utama rancangan UU Cipta Kerja ini," kata Benny K Harman dalam video tersebut.

Benny saat itu berbicara mewakili Partai Demokrat. Benny K Harman mengaku melihat kesungguhan pemerintah terkait RUU Cipta Kerja--kini telah menjadi UU.

"Jadi kami mewakili Partai Demokrat mendukung sepenuhnya. Kami mengamati ada banyak hal yang luar biasa yang kami anggap sebagai bentuk kesungguhan pemerintah," ucap Benny, yang disebut sebagai macan parlemen oleh Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono.

(elz/tor)