Diamankan Polisi, Kelompok Anarko Mau Demo DPR Bawa Batu-Cat

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 20:24 WIB
Gedung Promoter Polda Metro Jaya yang pembangunannya menghabiskan dana sebesar Rp 498 miliar telah diresmikan, Jumat (19/1/2017). Peresmian dilakukan oleh Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.
Gedung Promoter Polda Metro Jaya (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya mengamankan 200 orang diduga kelompok anarko yang hendak melakukan aksi di DPR, Jakarta Pusat. Polisi menemukan barang bukti batu hingga cat dari ratusan orang yang diamankan tersebut.

"Ada beberapa bukti yang kita temukan dari HP, maupun juga dari barang yang dia bawa, ada yang bawa batu, ada yang bawa cat memang," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (7/10/2020).

Sebanyak 200 orang kelompok anarko ini diamankan di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Pusat. Yusri mengatakan mereka memang hendak melakukan demonstrasi di DPR.

"Itu tujuannya mereka mau ke DPR untuk melakukan demonstrasi sesuai ajakan yang beredar di media sosial," ucapnya.

"Setelah kita dalami, rata-rata mereka mendapat informasi dari media sosial, ajakan melakukan demo di gedung DPR, ini semua rata-rata begitu," sambungnya.

Untuk diketahui, polisi mengamankan 200 orang yang akan demo di depan DPR siang tadi. Polisi menduga para pelaku adalah kelompok anarko yang hendak membuat kericuhan.

Saat ini ratusan pemuda tersebut diamankan di Polda Metro Jaya. Mereka juga menjalani rapid test dan sejauh ini 10 di antaranya dinyatakan reaktif Corona.

(maa/mei)