ABG di Sulut Pembobol 2 Sekolah Ditangkap, Gondol Laptop-Speaker

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 10:32 WIB
Remaja di Sulut ditangkap atas kasus pembobolan 2 sekolah (dok Istimewa)
Remaja di Sulut ditangkap atas kasus pembobolan 2 sekolah (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Polisi menangkap remaja yang membobol 2 sekolah di Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut). Remaja berinisial AM tersebut menggondol barang elektronik, dari laptop hingga speaker.

AM ditangkap di perkebunan warga di wilayah Kelurahan Talete Dua, Tomohon Tengah, Sulut. Penangkapan dipimpin Kepala Tim Resmob Polres Tomohon Bripka Bima Pusung dan Kanit Reskrim Polsek Tomohon Tengah Ipda Simon Wendersteyt.

Penangkapan ini berdasarkan dua laporan polisi pada Maret dan Oktober 2020 ini. Informasi diperoleh menyebutkan pelaku melakukan aksi pertamanya di SD GMIM IV pada 13 Maret 2020, sekitar pukul 03.00 Wita. Peristiwa kedua terjadi di ruang Kepala SMP Negeri 1 Tomohon pada 5 Mei sekitar pukul 02.00 Wita.

Sebelum AM, polisi menangkap pelaku lainnya. Diduga mereka adalah sindikat pencuri.

"Awalnya kami mengamankan dua pelaku, GR dan BT. Kemudian dalam pengembangan mengamankan AM," ujar Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot dalam keterangannya, Rabu (7/10/2020).

Dalam aksi pertamanya, pelaku mencuri 3 unit laptop dan 2 unit speaker inventaris sekolah. Kejadian ini diketahui saat salah seorang staf hendak mengambil laptop untuk memutar musik senam pagi.

Pelaku masuk ke ruangan dengan cara mencongkel jendela ruang kepala sekolah, dua ruang kelas, serta pintu samping.

Sedangkan kejadian kedua, di SMP Negeri 1 Tomohon, pelaku mencuri satu unit laptop dan kamera digital. Kejadian tersebut diketahui penjaga sekolah saat hendak mematikan lampu. Penjaga melihat pintu ruang kepala sekolah serta ruang tata usaha sudah terbuka.

Selanjutnya, petugas melakukan pengembangan lanjut dan berhasil mengamankan pelaku lain, yaitu JFM, di area perkebunan Pesewengen Talete sekitar Jalan Lingkar Timur Tomohon.

Dalam penangkapan tersebut, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti, yakni 1 laptop Core i3 14 inci warna abu-abu beserta charger, dus, dan kartu garansi. Kemudian 1 laptop merek Dell 14 inci warna hitam plus charger, speaker merek Tanaka warna hitam, kamera digital merek Canon, serta 1 unit sepeda motor warna hitam.

"Para pelaku beserta barang bukti telah diamankan di mapolres untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut," pungkas AKBP Bambang.

(jbr/idh)