ADVERTISEMENT

Round-Up

Luhut Beri Arahan, Anies Siap Laksanakan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 07 Okt 2020 06:49 WIB
Mendag Agus Suparmanto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kunjungi pusat perbelanjaan. Kedatangannya untuk tinjau protokol kesehatan di pusat perbelanjaan.
Gubernur DKI Jakarta Anies. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan PEN meminta para pimpinan daerah mengawasi penerapan protokol kesehatan via aplikasi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap melaksanakan arahan Luhut.

Menko Kemaritiman dan Investasi itu menyampaikan arahan dalam rapat bersama para gubernur. Turut ikut dalam rapat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga mengikuti rapat itu.

"Saya rekomendasikan agar satgas bersama TNI, Polri, Satpol PP sampai ke Babinsa dan Babinkamtibmas untuk memanfaatkan aplikasi dalam memantau pelaksanaan protokol kesehatan," kata Luhut dalam keterangan tertulis Kemenko Marves, Selasa (6/10/2020).

Atas rekomendasi itu, Luhut juga ingin para personel TNI/Polri, serta Satpol PP yang tugas di lapangan bisa melaporkan lewat sistem dan aplikasi secara terpadu. Laporan juga harus dipadukan dengan lapisan klaster COVID-19.

Tak hanya itu, sistem juga diminta harus terhubung dengan CCTV. Luhut menyebut nantinya DKI Jakarta akan menjadi percontohan penerapan sistem ini.

"Jadi nanti Jakarta akan jadi model pertama penerapan sistem ini," jelas Menko Luhut.

Harapan Luhut, menteri, gubernur, Pangdam maupun Kapolda bisa memantau operasi yustisi hingga penerapan protokol Corona lewat aplikasi itu. Luhut juga ingin gubernur, Pangdam, dan Kapolda di 8 provinsi mengimplementasikan sistem monitoring perubahan perilaku.

"Selain itu, saya minta operasi yustisi dan simpatik yang dilakukan harus lebih massif dan terarah, terutama menyasar tempat-tempat kerumunan dan wilayah kluster Covid 19," tambahnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT