Anggota DPRD PDIP Konawe Selatan Ngamuk di Rapat, Pecahkan Gelas

Sitti Harlina - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 17:56 WIB
Video Ketua Komisi III DPRD Konawe Selatan, Herman Pambahako mengaku saat rapat Banmus viral.
Video Ketua Komisi III DPRD Konawe Selatan Herman Pambahako mengamuk saat rapat Bamus viral. (Foto: dok. Istimewa)
Kendari -

Video Ketua Komisi III DPRD Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), Herman Pambahako mengamuk saat rapat Badan Musyawarah (Bamus) viral. Anggota DPRD dari Fraksi PDIP itu memberi penjelasan.

Video tersebut berdurasi 35 detik. Berdasarkan penelusuran, rapat Bamus tersebut berlangsung pada Senin (5/10/2020) kemarin.

Dalam video itu, tampak Herman, yang berbaju warna hitam, sedang berdebat dengan nada tinggi dengan Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo. Herman lalu berdiri dan menyambar gelas dan sejumlah barang yang ada di meja hingga jatuh ke lantai. Lalu terdengar suara gelas pecah.

Herman membeberkan alasan kemarahannya saat berada di ruang rapat. Herman mengaku awalnya melakukan interupsi, tapi tidak diberi kesempatan oleh Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo.

"Kalau itu lain cerita, itu proses, saya interupsi, kemudian pimpinan DPRD mungkin merasa agak bagaimana karena saya interupsi, penginnya dia selesai dulu menjelaskan baru diberi kesempatan kepada anggota yang lain, tapi kan mekanisme sidang tidak seperti itu," kata Herman saat dihubungi detikcom, Selasa (6/10/2020).

Herman menegaskan memiliki hak bicara sebagai anggota DPRD. Dia mengaku spontan marah.

"Mungkin beliau agak ini sampai mengusir saya keluar. Saya sebagai anggota DPRD, saya punya hak bicara di DPRD. Ya marahlah, spontanlah, disuruh keluar, orang kita punya hak bicara," sambungnya.

Secara spontan, dia lalu mengayunkan tangannya dan terkena gelas di atas meja rapat tepat di hadapannya, sehingga gelas tersebut terpental ke depan.