Kapolda Kalbar Demosi 26 Personel, dari Ipda hingga Aipda

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 06 Okt 2020 15:42 WIB
Polisi
Ilustrasi polisi (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Kapolda Kalimantan Barat (Kalbar) Irjen Remigius Sigit Tri Hardjanto melakukan demosi terhadap 26 personel Polda Kalbar yang dianggap bermasalah. Demosi ini tertuang melalui surat telegram Kapolda Kalbar.

Surat telegram bernomor ST/936/X/KEP./2020 ditandatangani oleh Kepala Biro SDM Polda Kalbar Kombes Nuryanto. Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Dony Charles Go membenarkan penerbitan soal demosi ini.

"Benar," kata Dony kepada detikcom melalui pesan singkat, Selasa (6/10/2020).

Dony menjelaskan sebanyak 26 personel Polda Kalbar didemosi lantaran telah melanggar disiplin. Jika ada pelanggaran disiplin, para anggota itu tak hanya didemosi.

"Ada yang melanggar disiplin, ada juga yang kode etik, dan hukumannya tidak hanya demosi. Kalau melanggar disiplin, ada juga yang ditempatkan di ruang khusus, tunda kenaikan pangkat, dan lain-lain," jelas Dony.

Dalam surat telegram yang diterima detikcom, tertulis bahwa total personel polisi yang didemosi sebanyak 26 orang. Rinciannya, sebanyak satu orang personel berpangkat ipda, sembilan orang berpangkat brigpol, tiga orang berpangkat bripda, lima orang berpangkat briptu, empat orang berpangkat bripka, dan empat orang berpangkat aipda.

Demosi paling lama dijalani oleh seorang personel berpangkat brigpol, yakni selama 27 tahun. Sedangkan paling cepat dijalani Aipda S selama 1 tahun.

Simak video 'Kantor Wali Kota Bandung Diserbu Massa Buruh Tolak Omnibus Law':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/jbr)