27 Warga Binaan di Rutan Dumai Riau Kena Corona, 1 Meninggal Dunia

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 21:24 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono)
Pekanbaru -

Sebanyak 27 warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) di Kota Dumai, Riau terpapar COVID-19. Satu warga binaan perempuan yang terkonfirmasi positif Corona meninggal dunia.

"27 warga binaan positif COVID-19 berdasarkan PCR pada 23 dan 25 September lalu. Kini mereka menjalani isolasi di Rutan dalam keadaan baik dan tidak ada keluhan. Lagi menunggu arahan lebih lanjut dari gugus tugas COVID-19," kata Kanwil Kemenkumham Riau, Ibnu Chuldun kepada detikcom, Senin (5/10/2020).

Ibnu menjelaskan pada 30 September di Rutan dilakukan PCR terhadap 11 pegawai dan 65 warga binaan. Hasil PCR dari pihak Dinas Kesehatan setempat baru diterima pihak Rutan hari ini.

"Hasilnya 11 pegawai negatif, 23 warga binaan perempuan dengan hasil 20 negatif, satu positif dua lagi belum ada hasilnya. Dari 42 warga binaan laki-laki yang diswab hasilnya 39 negatif, 2 orang positif 1 lagi belum ada hasilnya," kata Ibnu.

Lebih lanjut, Ibnu menjelaskan, pertama kali terpapar virus Corona adalah 2 petugas Rutan. Namun, hasil PCR pada 15 September kedua petugas tersebut telah dinyatakan sembuh. Selain itu satu orang warga binaan perempuan yang terkonfirmasi COVID-19 pada 23 September hari ini dinyatakan sembuh.

"Ada surat tertulis dari dokter Puskesmas Dumai. Yang meninggal dunia informasinya ada penyakit bawaan," kata Ibnu.

Sebagai bentuk pencegahan, kata Ibnu, di Rutan Dumai selalu diadakan kegiatan olahraga. Pihak Rutan juga menerapkan protokol kesehatan dan melakukan isolasi mandiri terhadap petugas maupun warga binaan.

"Setiap kegiatan penanggulangan COVID-19 kami akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan Kota Dumai, Gugus Tugas dan Puskesmas Bumi Ayu," tutup Ibnu.

(cha/knv)