Negatif COVID-19, 51 Nelayan yang Dibebaskan Thailand Pulang ke Aceh Besok

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 15:59 WIB
51 nelayan yang dibebaskan Thailand dipulangkan ke Aceh dari Wisma Atlet, Jakarta besok.
Foto: 51 nelayan yang dibebaskan Thailand dipulangkan ke Aceh dari Wisma Atlet, Jakarta besok. (Dok Badan Penghubung Pemerintah Aceh)
Banda Aceh -

Sebanyak 51 nelayan Aceh yang dibebaskan Thailand dinyatakan negatif Corona (COVID-19) berdasarkan hasil swab test di Jakarta. Mereka akan dipulangkan ke Tanah Rencong besok.

"Mereka sudah bisa dipulangkan ke Aceh pada Selasa 6 Oktober besok karena hasil swab mereka sudah keluar semuanya yaitu negatif," kata Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah dalam keterangannya, Senin (5/10/2020).

Nova sudah menemui para nelayan yang tengah menjalani isolasi di Wisma Atlet Pademangan, Jakarta. Dia datang didampingi Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal, dan Dansatgas COVID Wisma Atlet Pademangan, Kolonel Chk Anggiat Lumban Toruan. Sedangkan nelayan hanya diwakili 10 orang.

Dia mengingatkan para nelayan untuk tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Corona hingga pulang ke Aceh. Ketika sudah tiba di kampung halaman masing-masing, mereka diminta memperbaiki pemulihan psikologisnya meski secara fisik sehat.

"Kita usahakan untuk memberikan upaya khusus perbaikan kondisi psikologis terhadap keluarga. Ini kita upayakan sesegera mungkin yang penting mereka bisa dipulangkan ke Aceh terlebih dulu," jelas Nova.

Nova berterima kasih kepada Raja Thailand Rama X yang sudah memberikan pengampunan terhadap nelayan Aceh. "Saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Raja Thailand," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2