Ini Alasan Sohibul Iman Diganti Ahmad Syaikhu Sebagai Presiden PKS

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 14:06 WIB
Presiden PKS Sohibul Iman
Foto: Sohibul Iman. (dok. DPP PKS).
Jakarta -

Presiden PKS berganti dari Sohibul Iman ke Ahmad Syaikhu. Alasan pergantian yang terkesan diam-diam ini dijelaskan oleh Sohibul Iman.

"Tradisi di PKS, jabatan Presiden itu hanya satu periode saja. Dan itu tradisi yang sangat baik untuk dilanjutkan," ujar Sohibul Iman menjelaskan terkait pergantian posisi Presiden PKS dari dirinya ke Ahmad Syaikhu pada sidang Musyawarah Majelis Syuro PKS di Bandung, Senin (5/10/2020).

Menurut Sohibul, regenerasi penting dilakukan di tubuh partai. Pada masa bakti 2020-2025, Sohibul Iman kini mendampingi Habib Salim Segaf Aljufrie di Majelis Syuro PKS.

Sohibul Iman juga memuji Ahmad Syaikhu yang menggantikannya di posisi Presiden PKS. Mantan Wakil Wali Kota Bekasi itu disebut sebagai salah satu kader terbaik.

"Ahmad Syaikhu salah satu kader terbaik partai yang layak melanjutkan tugas sebagai Presiden PKS. Beliau pribadi yang santun, berintegritas dan totalitas dalam berjuang!" tegas Sohibul.

Sementara itu,Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim berpesan agar Ahmad Syaikhu bisa melanjutkan dan meningkatkan capaian prestasi yang telah diwariskan Sohibul Iman. Anggota Majelis Syuro yang hadir dalam musyawarah ini adalah utusan masing-masing provinsi.

Mereka terpilih menjadi anggota Majelis Syuro 2020-2025 pada Pemira (Pemilihan Raya) anggota Majelis Syuro dengan sistem pemilihan elektronik. Para kader PKS seluruh Indonesia telah melaksanakan pemilihan anggota Majelis Syuro PKS pada 26 Juli lalu. Hasilnya 66 anggota terpilih mewakili 34 provinsi. Merekalah yang hadir bersidang pada Musyawarah Majelis Syuro di Bandung.

"Di PKS ini semua tugas tidak ada yang berat karena semua dikerjakan bersama-sama. Dipikirkan, dirumuskan dan disepakati bersama. Jadi saya sebagai ketua tak terlalu terbebani dengan pekerjaan teknis. Yang berat itu nanti di hadapan Allah. Apakah saya amanah atau khianat dalam tugas ini," kata Habib Salim.

Sebelumnya diberitakan, PKS esmi mengumumkan susunan kepengurusan baru masa khidmat 2020-2025. Habib Salim Segaf Aljufrie terpilih lagi sebagai Ketua Majelis Syura (MS) PKS, sedangkan Ahmad Syaikhu ditunjuk sebagai Presiden PKS menggantikan Mohamad Sohibul Iman. Selain Ahmad Syaikhu jadi Presiden PKS, PKS juga menunjuk Habib Aboe Bakar Alhabsyi sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) menggantikan Mustafa Kamal.

"Alhamdulillah Sidang Musyawarah Majelis Syura berjalan dengan lancar. Para anggota Majelis Syura PKS yang hadir telah melaksanakan kewajiban syuranya secara baik dan memilih kader-kadernya untuk penugasan menjayakan partai di 5 tahun ke depan," kata Habib Salim dalam pidato sambutannya sesaat setelah ditetapkan sebagai ketua Majelis Syura.

(elz/tor)