Kebakaran Permukiman di Lahat, 81 Rumah Hangus-Korban Jiwa Nihil

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 09:59 WIB
Kondisi permukiman padat penduduk di Lahat, Sumsel usai kebakaran
Kondisi permukiman padat penduduk di Lahat, Sumsel usai kebakaran (Dok. BPBD Sumsel)
Palembang -

Kebakaran terjadi di kawasan padat penduduk di daerah Lahat, Sumatera Selatan (Sumsel). Kebakaran mengakibatkan 81 rumah warga hangus sehingga penghuninya saat ini mengungsi.

"Kejadian kemarin (4/10) pukul 15.10 WIB, lokasi di Pasar Lama Lahat. Itu adalah kawasan padat penduduk di Kabupaten Lahat," ujar Kabid Informasi dan Kedaruratan BPBD Sumatera Selatan, Ansori, Senin (5/10/2020).

Ansori menuturkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Menurut Ansori kebakaran terjadi sangat cepat dan merambat ke rumah-rumah di daerah itu.

Faktor angin kencang membuat api kobaran api menjalar cepat hingga tercatat ada 57 rumah habis terbakar dan 24 rumah rusak ringan.

"57 rumah habis terbakar, 24 rumah rusak ringan, tidak ada korban jiwa," kata Ansori.

Terkait penyebab kebakaran, kata Ansori, belum diketahui hingga saat ini. Namun sudah ditangani jajaran Reskrim Polres Lahat untuk mengetahui penyebabnya.

"Penyebab api sudah ditangani oleh Polres. Sementara kami tadi sudah dirikan sekitar 6 tenda darurat dari Polri, TNI, BPBD sama Dinas Sosial. Kalau bantuan darurat sudah dikirimkan juga," katanya.

(ras/aud)