ADVERTISEMENT

Bicara Transformasi TNI, Jokowi Pamer Divisi Tempur Baru-Satuan Siber

Tim detikcom - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 09:43 WIB
Presiden Jokowi di HUT TNI
Presiden Jokowi (Rusman/Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji transformasi organisasi di tubuh TNI dalam 5 tahun terakhir. Jokowi memamerkan sejumlah satuan organisasi baru di TNI.

Dalam peringatan HUT ke-75 TNI, Jokowi memaparkan satuan organisasi baru TNI, antara lain Kogabwilhan yang merupakan gabungan dari matra TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Selain itu, ada Satuan Siber TNI.

"Dalam lima tahun terakhir, TNI melakukan transformasi organisasi secara signifikan dengan pembentukan satuan-satuan organisasi baru. telah kita bentuk organisasi tempur baru seperti Divisi III Kostrad, Komando Operasi III AU, Armada III AL, dan Pasukan Marinir ke-3. Telah kita bentuk kekuatan gabungan TNI, terutama 3 Kogabwilhan dan 3 Skadron AU dan Satuan Siber TNI," kata Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara yang disiarkan saluran YouTube Setpres, Senin (5/10/2020).

"Pembentukan satuan organisasi baru TNI ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk terus melakukan transformasi organisasi TNI agar TNI terus kokoh dalam menjalankan perannya," imbuhnya.

Jokowi mengatakan TNI harus terus melakukan transformasi menyikapi dinamika dunia. Jokowi ingin TNI andal dan adaptif terhadap segala macam ancaman.

"Sejak awal reformasi, telah banyak transformasi di organisasi TNI yang dilakukan untuk memastikan TNI mendukung tepat, agar TNI bisa adaptif dengan ancaman pasca perang dingin, terutama ancaman-ancaman non-konvensional dan transnasional dan memastikan TNI mengadopsi perkembangan teknologi militer terkini berbasis teknologi informasi, teknologi nano dan teknologi automisasi," ujar Jokowi.

Tonton juga 'Jokowi: Jangan Dianggap Pemerintah 'Mencla-mencle' Tangani Corona':

[Gambas:Video 20detik]

(dkp/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT