Kisah Kurir Wanita di Polman, Sisihkan Uang untuk Berbagi di Tengah Pandemi

Abdy Febriady - detikNews
Senin, 05 Okt 2020 02:31 WIB
Risma Sakir (36), warga Polman yang rela menyisihkan penghasilannya demi membantu warga terdampak pandemi
Risma Sakir (36), warga Polman yang rela menyisihkan penghasilannya demi membantu warga terdampak pandemi (Foto: Abdy Febriady/detikcom)
Polewali Mandar -

Pandemi virus corona belum juga usai. Berbagai persoalan dalam upaya pemenuhan kebutuhan sehari-hari warga terus bermunculan.

Di tengah kondisi yang semakin sulit, membuat tidak sedikit warga mulai kehilangan harapan, muncul sejumlah orang, dengan sukarela melakukan gerakan saling menolong, menjadi kisah yang menginspirasi dan menggetarkan hati.

Salah satunya dari seorang wanita bersama Risma Sakir (36 Tahun), warga Desa Tapango, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar. Risma yang hanya berprofesi sebagai seorang kurir, rela menyisihkan sebagian penghasilannya, untuk berbagi terhadap sesama.

Risma Sakir (36), warga Polman yang rela menyisihkan penghasilannya demi membantu warga terdampak pandemiRisma Sakir (36), warga Polman yang rela menyisihkan penghasilannya demi membantu warga terdampak pandemi Foto: Abdy Febriady/detikcom

Gerakan kemanusiaan yang telah dilakukannya sejak dua tahun terakhir, menjadi pendorong bagi warga lainnya di daerah ini, untuk melakukan kegiatan serupa.

"Berawal dari rasa keprihatinan, ketika melihat postingan di media sosial soal warga yang butuh bantuan. Saya merasa terpanggil, akhirnya saya mulai menyisihkan sebagian penghasilan, untuk saya gunakan membantu warga yang membutuhkan," kata Risma kepada wartawan, Minggu (4/10/20).

Menggunakan sepeda motor, Risma menjangkau hampir semua pedalaman di daerah ini, tidak sekedar melaksanakan kewajiban sebagai kurir yang mengantar pesanan warga hingga ke tempat tujuan, tetapi juga untuk membawa bantuan buat warga.

Tidak peduli jarak yang ditempuh, cuaca yang harus dilalui, siang maupun malam, pekerjaan sebagai kurir dilakukan Risma dengan penuh tanggung jawab. Selain agar mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hari-hari, demi memberi secercah senyum buat mereka yang membutuhkan uluran tangan.

Selain memberi bantuan langsung, Risma juga mencoba memberdayakan para ibu rumah tangga, khususnya mereka yang berusia lanjut dan hidup dalam kondisi kekurangan, agar dapat terus produktif untuk menopang kehidupan sehari-hari, khususnya di masa pandemi virus corona.

Selanjutnya
Halaman
1 2