Menkes: Lewat Pemberitaan Benar Pandemi Bisa Dilawan, Bukan Buat Gaduh

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 04 Okt 2020 11:41 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto
Menkes Terawan Agus Putranto (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan pers adalah pahlawan di tengah pandemi Corona. Dia menyebut media berperan penting menyampaikan informasi yang akurat terkait Corona.

"Media adalah pahlawan bangsa seperti di masa pandemi ini, di saat bangsa membutuhkan pikiran dan tenaga mereka untuk mengatasi penyebaran COVID-19," jelas Terawan dalam keterangan yang dirilis Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), seperti dilihat, Minggu (2/10/2020).

Hal itu disampaikan Terawan saat menerima kunjungan Pengurus PWI Pusat yang dipimpin Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari. Turut mendampingi Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi, Ketua Panitia Pelaksana HPN 2021 Auri Jaya, Ketua Mappilu PWI Suprapto Sastro Atmojo, Wakil Bendahara Umum PWI Pusat Dar Edi Yoga, dan Humas PWI Pusat Mercys Charles Loho.

Menkes Terawan dan Pengurus PWI Pusat.Menkes Terawan dan Pengurus PWI Pusat. (Foto: dok. Istimewa)

Terawan menyebut peran wartawan dibutuhkan untuk menangkal hoaks. Dia mencontohkan salah satu keberhasilan negara lain menekan laju penyebaran Corona karena peran media yang memberitakan kabar positif perkembangan COVID-19.

"Pers punya peran yang signifikan dalam rangka menghambat laju Corona, tentu dengan memberitakan kabar yang benar tentang Pandemi. Kita ambil contoh keberhasilan beberapa negara di luar seperti Singapura dan negara lain berkat pers yang membela negaranya lewat pemberitaan yang benar pandemi bisa dilawan," jelas Terawan.

"Bukan malah memperkeruh dan membuat gaduh," tambahnya.

Terawan juga mengatakan akan hadir dalam diskusi Mappilu PWI yang dilaksanakan menjelang Pilkada Serentak 9 Desember. Sementara itu, Atal yang mewakili PWI mengatakan wartawan anggota PWI siap membantu pemerintah dalam penanganan penyebaran COVID-19.

Tonton juga 'Komentar Epidemiolog soal Menkes Terawan yang Dicari-cari Publik':

[Gambas:Video 20detik]

(idn/gbr)