Wali Santri Menanti Janji Wagub Jabar Gelar Swab Test di Ponpes Husnul Khotimah

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 19:38 WIB
Kasus COVID-19 di Ponpes Husnul Khotimah Kuningan bertambah 37 orang
Ponpes Husnul Khotimah Kuningan. (Foto: Bima Bagaskara)
Jakarta -

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjanjikan 5 ribu kit reagen kepada Ponpes Husnul Khotimah untuk dilakukan swab massal ke santri yang hendak dipulangkan ke rumah. Namun swab itu belum dilakukan secara merata kepada para santri. Wali Santri menanti janji Wagub Uu.

"Sesuai dengan kesepakatan di tanggal 29 September saat kedatangan Wagub ada sumbangan 5.000 kit reagen untuk swab sebagai solusi penanganan terpaprnya COVID di Ponpes Husnul Khotimah, dan itu satu solusi tepat untuk syarat bisa kepulangan anak-anak kami, namun sampai saat ini belum ada kejelasan sehingga mengkhawatirkan pihak orang tua saat anaknya pulang," ujar Wali Santri Kelas 12 (putra) Husnul Khotimah, Syamsudin Marzuki, dalam keterangannya, Jumat (2/10/2020).

Syamsudin mengatakan, putranya tidak termasuk dalam santri yang sudah menjalani swab test Corona. Dia khawatir jika putranya pulang namun belum dilakukan tes terlebih dulu.

Syamsudin menuturkan perihal santri di Ponpes Husnul Khotimah yang harus dipulangkan. Dia menyebut sejumlah santri sudah ada yang tiba di Ponpes setelah sekian lama melakukan proses pembelajaran daring. Namun santri kemudian diminta pulang ke rumah lagi.

"Kondisi yang terbatas ini membuat kerepotan semua pihak termasuk Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan. Imbauan Bupati agar selama sepekan ini untuk bisa dipulangkan mengalami banyak kendala," jelas dia.

Dia berharap Wagub Uu bisa menepati swab ke pada para santri sampai tuntas.

"Mudah-mudahan menepati janjinya," jelas dia.

Sebelumnya, Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum meminta seluruh santri yang sehat di Ponpes Husnul Khotimah Kuningan agar dipulangkan ke daerah masing-masing. Dalam kesempatan itu, Uu juga memberikan 5 ribu kit reagen kepada Ponpes Husnul Khotimah.

(idn/fjp)