Isi Ulang Stok Gak Repot, GoToko Digitalisasi Warung Kelontong

Nurcholis Maarif - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 13:22 WIB
Gojek
Foto: Istimewa
Jakarta -

Sehari-hari, Faridatul mengelola warung kelontongnya di Serua (Tangerang Selatan). Sudah delapan tahun ia menjalankan Toko Fifi, yang ia namakan sesuai dengan nama putrinya. Memiliki usaha warung kelontong memberikan tantangan tersendiri baginya, terutama untuk memastikan barang-barang permintaan pelanggan dari berbagai merek selalu tersedia.

Tidak jarang Toko Fifi harus tutup karena ia harus pergi ke agen untuk berbelanja stok yang habis. Faridatul pun harus melakukan perjalanan dan mengangkut sendiri barang-barang belanjaan kebutuhan warung.

Beberapa waktu terakhir ini Faridatul menggunakan aplikasi GoToko, platform B2B dari Gojek yang memberikan layanan komprehensif bagi pelaku usaha warung kelontong dalam memasok barang dagangan secara online.

"Aplikasi seperti GoToko ini cukup membantu saya, karena sekarang tidak perlu repot-repot lagi kalau mau nyetok barang. Barang yang saya pesan hari ini, langsung saya terima keesokan hari," kata Faridatul dalam keterangan tertulis, Jumat (2/10/2020).

"Harga barang cukup bersaing, udah gitu saya bisa dapatkan promo menarik. Kayak kemarin tuh, saya dapat diskon sebesar Rp100.000 waktu dua kali mesen barang pakai GoToko. Lumayan kan untuk menghemat pengeluaran," imbuhnya.

Selain memberikan kemudahan dalam proses pemesanan barang, GoToko setidaknya mendorong pengusaha warung untuk lebih produktif melalui fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi. Misalnya, pemilik warung bisa memantau riwayat pesanan, melacak status pengiriman barang, dan mengelola stok barang. GoToko juga menyediakan data penjualan dan keuangan, serta rekomendasi produk dari berbagai merek yang sesuai dengan permintaan pelanggan.

Kehadiran aplikasi GoToko merupakan terobosan terkini Gojek sebagai super app terdepan di Asia Tenggara karya anak bangsa, dalam mendigitalisasi UMKM sebagai penggerak roda perekonomian, terutama di masa pandemi. Sejalan dengan inisiatif #MelajuBersamaGojek, GoToko didedikasikan khusus bagi para pemilik warung kelontong yang selama ini kurang terlayani dalam distribusi penjualan barang konsumsi kemasan.

Dengan GoToko, pelaku usaha warung tidak perlu repot mencari stok barang karena dapat melakukannya secara online. Hanya menggunakan ponsel, pemilih warung GoToko dapat dengan mudah memilih barang yang perlu stok ulang; kemudian menunggu kedatangan barang maksimal 1 x 24 jam setelah pemesanan. Semua dilakukan tanpa harus meninggalkan warung.

CEO dan Direktur Utama GoToko Gurnoor Singh Dhillon menyampaikan fakta berdasarkan hasil riset CSLA pada tahun 2019 bahwa sejumlah 3 juta warung kelontong telah mengkontribusikan hampir 80% dari pasar ritel Indonesia. Namun lebih dari 80% atau sekitar 2,5 juta dari warung tersebut masih masuk dalam kategori underserved atau kurang terlayani.

Oleh karena itu para pelaku UMKM ini perlu mendapat dukungan layanan yang memadai agar mereka pun dapat berkembang, meskipun lokasi toko sulit dijangkau dan cakupan usaha kecil.

Saat ini, GoToko menawarkan berbagai macam kategori produk dari merek-merek ternama, mulai dari makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga, perlengkapan mandi, kecantikan dan kesehatan, serta kebutuhan bayi. Pemilik warung pun sekarang dapat memanfaatkan program promosi dan loyalty dari berbagai produsen barang konsumsi kemasaan kenamaan, yang sebelumnya jarang diperoleh.

Kehadiran GoToko tidak hanya bermanfaat para pelaku usaha warung tapi juga menguntungkan para produsen barang konsumsi. Bersama dengan GoToko, para produsen dapat memperluas jangkauan agar visibilitas produk yang relevan bagi konsumen warung kelontong dapat semakin meningkat. Melalui berkolaborasi dengan GoToko, produsen akan mendapatkan akses analisis pasar (market intelligence) hingga ke tingkat warung yang mencakup seluruh merek produk.

"Di sisi lain, aplikasi GoToko mendukung para produsen dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi penjualan dan pemasaran produk yang baru mereka luncurkan, memanfaatkan tambahan saluran pemasaran dan kampanye digital yang sesuai dengan sasaran, menjadi saluran riset pasar baru; juga meningkatkan efisiensi biaya pengoperasian saluran general trade. Layanan komprehensif ini diharapkan dapat meningkatkan kemajuan industri konsumsi," tutup Gurnoor.

Hanya menggunakan ponsel dengan spesifikasi minimum seperti Android 6, pelaku usaha warung kelontong dapat mengakses aplikasi GoToko secara mudah, yang saat ini dapat diunduh melalui Google Play Store. Informasi terkini tentang GoToko dapat diperoleh di gotoko.co.id.

(akn/ega)