Sambut HUT Ke-75 TNI, Panglima Ziarah Nasional-Tabur Bunga di TMP Kalibata

Tiara Aliya - detikNews
Jumat, 02 Okt 2020 09:28 WIB
Panglima TNI ziarah nasional dan tabur bunga di TMP Kalibata (Foto: Tiara/detikcom)
Panglima TNI melakukan ziarah nasional dan tabur bunga di TMP Kalibata. (Tiara/detikcom)
Jakarta -

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto hari ini memimpin langsung Upacara Ziarah Nasional yang berlokasi di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata. Selain itu, Hadi melakukan kegiatan tabur bunga di makam pahlawan.

Pantauan detikcom pada Jumat (2/10/2020), Hadi tiba di TMP Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, pukul 07.50 WIB. Ia didampingi oleh Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman.

Setiba di lokasi, Hadi langsung memasuki area upacara. Tampak sejumlah personel telah berbaris rapi dan menyambut kedatangan Hadi sejak pagi.

Rangkaian upacara pun dimulai dengan laporan komandan upacara kepada Hadi selaku inspektur upacara. Kemudian dilanjutkan dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin oleh komandan upacara.

Setelah itu, Hadi berjalan menuju Tugu Monumen TMP sambil menggotong karangan bunga berlogo TNI. Sebelum meninggalkan area upacara, Hadi beserta seluruh anggota upacara kembali melakukan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan.

Panglima TNI ziarah nasional dan tabur bunga di TMP Kalibata (Foto: Tiara/detikcom)Panglima TNI melakukan ziarah nasional dan tabur bunga di TMP Kalibata. (Tiara/detikcom)

Selain Hadi, tampak ketiga Kepala Staf TNI, yakni KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono, dan KASAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, hadir dalam acara ini. Prosesi upacara pun berjalan dengan khidmat.

Seusai upacara, Hadi beserta ketiga Kepala Staf TNI langsung menuju area makam pahlawan. Di sana, ia pun melakukan kegiatan tabur bunga di sejumlah makam.

Terlihat, Hadi menyusuri sejumlah blok pemakaman. Kemudian, ia pun mulai menaburkan bunga ke setiap makam satu per satu, di antaranya makam Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Jendral TNI Ahmad Yani, dan Letjen MT Haryono.

Setelah menaburkan bunga, ia pergi meninggalkan area TMP Kalibata. Diketahui kegiatan Upacara Ziarah Nasional ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Hari TNI Tahun 2020. Puncak acara akan diselenggarakan pada 5 Oktober 2020.

(mae/mae)