Komisi VIII: Oknum MUI Pengunggah Kolase Ma'ruf-Kakek Sugiono Layak Dipidana

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 19:28 WIB
Politikus PKB Marwan Dasopang (Tsarina/detikcom)
Politikus PKB Marwan Dasopang (Tsarina/detikcom)
Jakarta -

Ketua MUI Kecamatan Tanjungbalai mengunggah foto kolase Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan bintang porno Jepang, 'Kakek Sugiono'. Wakil Ketua Komisi VIII DPR, Marwan Dasopang meminta pengunggah diberi efek jera dan layak dipidana.

"Itu dia yang saya sesalkan, ini struktur organisasi, kemasyarakatan Islam yang sesungguhnya lembaga MUI itu orang-orang yang sudah kredibel lah, sudah teruji, tidak bisa sembarang menerima informasi, tidak sembarang menerima pesan-pesan keagamaan, dia akan menelaah, kroscek, dia harus melakukan tabayyun apalagi yang akan disampaikan ke masyarakat lewat meme itu sangat menyesalkan," kata Marwan, kepada wartawan, Kamis (1/10/2020).

Marwan menilai oknum MUI itu tidak pantas lagi jadi pengurus MUI. Dia juga menyarankan agar oknum itu diberikan efek jera, yaitu hukuman pidana.

"Jadi kalau dalam kode etik organisasi, sebetulnya dia tidak layak lagi di situ sebagai pengurus MUI. Kalau masalah hukumnya boleh saja damai kalau polisi anggap layak damai, silakan saja. Tapi, kalau menurut saya, karena ini kejadian berulang bukan sesuatu terjadi baru, ini layak efek jera, ya pidana sesuai UU yang berlaku," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2