Polisi Ungkap Cai Changpan Sempat Ajak Teman Sel Kabur dari LP Tangerang

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 18:23 WIB
Polisi Terbitkan DPO atas nama Cai Changpan
Cai Changpan, napi WN China yang kabur dari LP Tangerang masuk DPO. (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Polisi mengungkap narapidana narkoba, Cai Changpan, sempat mengajak teman satu selnya untuk kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. Namun ajakan tersebut ditolak oleh temannya.

"Sempat si teman satu sel ini pernah dia diajak (melarikan diri)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (1/10/2020).

Yusri mengatakan ajakan Cai Changpan itu ditolak oleh teman satu selnya. Meski begitu, Cai Changpan juga sempat meminta handphone teman satu selnya itu.

"Dia tak mau terlibat dalam hal ini dan tak mau ikut. Apa dia tahu? Ya dia tahu, makanya dia sampaikan 8 bulan dia lubangi itu bahkan handphone-nya temannya dibawa dan kita bisa tahu jam berapa, jam berapa," ucapnya.

Berdasarkan penelusuran ponsel tersebut, polisi bisa melacak jejak Cai Changpan. Cai Changpan diketahui sempat menemui istrinya di Bogor, sesaat setelah melarikan diri.

"Sempat komunikasi dengan istri dan anak dan serahkan handphone (temannya) ke anaknya," ujar Yusri.

Polda Metro Jaya telah menerbitkan daftar pencarian orang (DPO) atas nama Cai Changpan, napi narkoba yang kabur dari Lapas Tangerang. Cai Changphan kini tengah diburu polisi.

"Iya jadi sudah dimunculkan DPO untuk yang bersangkutan, itu benar," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus saat dihubungi, Kamis (1/10).

Untuk diketahui, pencarian napi Cai Changpan hingga kini masih terus digencarkan. Polda Metro Jaya diketahui telah membentuk tim khusus guna melacak keberadaan gembong narkoba tersebut.

Polisi juga telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait untuk mempersempit ruang gerak Cai Changpan. Salah satunya mencekal napi tersebut pergi ke luar negeri dan memblokir KTP RI atas nama Cai Changpan.

Total hingga kini sudah ada 14 saksi yang telah diperiksa polisi dari kasus tersebut. Para saksi terdiri atas petugas, rekan satu sel, hingga istri napi Cai Changpan yang berada di Tenjo, Bogor.

(maa/mei)