Amien Rais Umumkan Partai Ummat, PKS Tak Khawatir Pemilihnya Berkurang

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 15:57 WIB
Hidayat Nur Wahid
Hidayat Nur Wahid dari PKS (Dok. MPR)
Jakarta -

Amien Rais mengungkapkan Partai Ummat sebagai nama partai barunya. Wakil Ketua Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid (HNW), turut mengucapkan selamat atas terbentuknya Partai Ummat.

"Ya tentu kita sampaikan selamat ya Pak Amien Rais membuat atau menggunakan hak konstitusionalnya sebagai wakil negara atau tokoh senior yang menghadirkan reformasi kemudian membuat partai adalah hak beliau untuk membuatnya. Tentu tidak ada yang bisa menghalangi dan tidak ada juga yang bisa melarang-larang," kata Hidayat saat dihubungi pada Kamis (1/10/2020).

Lebih lanjut, menurut HNW, kehadiran Partai Ummat tidak membuat PKS panik karena akan kehilangan suara. Menurutnya, pemilih partai di Indonesia memiliki kedewasaan serta telah mengenal baik partai pilihannya.

"Yang pertama kalau panik pasti nggak lah ya, dan persiapan khusus juga tidak dilakukan PKS ya. Karena kami memahami kedewasaan daripada para pemilih. Para pemilih memiliki kedewasaannya, mereka udah berkali-kali ikut pemilu, pastilah karenanya mempunyai pengenalan terhadap masing-masing partai, masing-masing tokoh partai dan konsistensi perjuangan dari masing-masing partai pasti sudah terekam oleh para pemilih," ujarnya.

Elite PKS ini juga yakin partainya sudah memiliki ceruk pemilih yang jelas. Bahkan, katanya, saat kader partainya memisahkan diri dari PKS, tetap tidak membuat suara di PKS tergerus.

"Ya karena pemilih PKS itu relatif targetif atau ceruknya sudah jelas. Kan di tahun 2019 kemarin kan ada juga banyak kader yang pemilihan tidak ikut pemilu dan bikin partai baru sekarang. Suara PKS malah nambah tuh. Malah nambah banyak," ucap HNW.

Selanjutnya
Halaman
1 2