Doa Setelah Yasin Lengkap dan Keutamaannya

Lusiana Mustinda - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 14:19 WIB
Muslim woman reading from the quran stock photo
Foto: Getty Images/iStockphoto/evrim ertik
Jakarta -

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Al Qur'an. Biasanya sejumlah umat Islam di tanah air membaca surat Yasin sebelum dzikir tahlil dimulai. Surat Yasin termasuk dalam surat makiyyah, yakni diturunkan di Mekah. Di dalam surat ini banyak menjelaskan tentang akidah dan keimanan.

Dikutip dalam buku "Kedahsyatan Membaca Al-Qur'an" oleh Amirullah Syarbini dan Sumantri Jamhari, salah satu keutamaan surat Yasin adalah ampunan yang diberikan kepada Allah bagi orang-orang yang senantiasa membacanya semata-mata untuk mendapatkan ridha Allah.

Hal ini didasarkan pada hadits Rasulullah SAW, "Barang siapa membaca surat Yasin setiap malam karena Allah SWT, maka dosanya diampuni." (HR. Ahmad).

Begitu dahsyatnya keutamaan surat Yasin, Rasulullah SAW menyebutnya sebagai jantung Al-Qur'an. Rasulullah juga memerintahkan kepada kita untuk membacakan surat Yasin kepada orang yang sedang sekarat agar ia mendapatkan bimbingan menuju husnul khatimah dan diampuni segala dosanya.

Setelah membaca surat Yasin, dzikir, tahlil dan doa arwah. Ada bacaan doa pendek yang menjadi penutup doa setelah membaca surat Yasin:

وَاعْفُ عَنَّا يَا كَرِيْمُ *2 بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ ارْحَمْنَا. اَللَّهُمَّ بِحَقِّ الفَاتِحَةِ وَبِسِرِّ الفَاتِحَةِ وَبِكَرَامَةِ الفَاتِحَةِ، يَا فَارِجَ الهَمِّ يَا كَاشِفَ الغَمِّ يَا مَنْ لِعَبْدِهِ يَغْفِرُ وَيَرْحَمُ، اَللَّهُمَّ اغْفِرْ ذُنُوْبَنَا وَاسْتُرْ عُيُوْبَنَا وَفَرِّجْ هُمُوْمَنَا وَاكْشِفْ غُمُوْمَنَا وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا، دَعْوَاهُمْ فِيْهَا سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمْ فِيْهَا سَلَامٌ، وَآخِرُ دَعْوَاهُمْ أَنِ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Artinya, "Maafkanlah kami wahai Tuhan yang pemurah (2 kali). Dengan kasih sayang-Mu wahai zat yang paling pengasih, kasihanilah kami. Ya Allah, berkat hakikat, rahasia, dan kemuliaan Surat Al-Fatihah, wahai Tuhan pemberi jalan dari kebingungan, pembuka jalan dari kebimbangan, wahai Tuhan yang pengampun dan penyayang hamba-Nya, ya Allah ampunilah dosa kami, tutuplah aib kami, berikan jalan atas kebingungan kami, bukakanlah jalan atas kebimbangan kami, dan damaikanlah perseteruan di antara kami. 'Doa mereka (ahli surga) di dalamnya adalah 'Maha suci Engkau ya Allah.' Penghormatan mereka di dalamnya adalah salam. Akhir doa mereka adalah 'Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.'"

Itulah doa pendek yang dapat dibaca setelah membaca surat Yasin.

(lus/erd)